Kernet Tewas Tergencet Bus

Bus pariwisata dalam insiden tewasnya korban.

YOGYA, KRJOGJA.com - Seorang kernet tewas tergencet setelah berusaha mengganjal bus yang melaju mundur di lokasi parkir timur kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta, Kamis (18/05/2017). Paryanto (42) warga Panggungharjo Sewon Bantul sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tetap tak tertolong meski telah mendapat perawatan medis. Sopir bus, Muji Santoso (62) warga Argomulyo Sedayu Bantul hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polsekta Kotagede karena dianggap lalai sehingga mengakibatkan korban tewas.

Insiden ini berawal saat bus pariwisata Dwi Putra berplat nomor AA-1623-AB mogok di lokasi parkir sisi timur Gembira Loka. Sopir kemudian meminta korban dan beberapa warga di sekitar lokasi untuk mendorong mundur bus agar mesin dapat dihidupkan.

Setelah didorong beramai-ramai akhirnya mesin berhasil dinyalakan, sopir lalu atret mundur hendak menata parkir disejajarkan dengan bus lainnya. Namun saat itu bus malah terus melaju mundur tak terkendali dan hampir menabrak pohon yang ada di belakang.

Melihat kejadian itu korban langsung mengambil balok kayu untuk mengganjal ban kiri depan bus. Ketika itu tiba-tiba pintu penumpang di bagian kiri depan terbuka, korban yang hendak mengganjal malah jadi ikut terdorong ke belakang.

Jarak antara bus dan kendaraan besar lain di sisi kiri yang terlaku mepet membuat tubuh korban tergencet. Korban langsung ditolong awak bus lainnya dan dilarikan ke rumah sakit, namun upaya tersebut tak mampu menyelamatkan nyawa korban.

Kapolsekta Kotagede, Kompol Gunawan membenarkan adanya insiden tersebut. Namun ia menegaskan korban tidak tergencet, melainkan terbentur pintu bus.

"Kernet terbentur pintu saat bus diparkir mundur sopir. Bukan tergencet, namun terbentur lalu jatuh," ungkapnya.

Menurut keterangan beberapa saksi di lokasi kejadian, sopir telah berusaha melakukan pengereman tetapi tak berhasil. Diduga saat peristiwa terjadi rem bus tidak dapat berfungsi secara normal alias blong. (Van)

Tulis Komentar Anda