Siswa SMK Muh Pakem Aksi Garuk Sampah

Foto: Devid

SLEMAN (KRjogja.com) - Menyemarakkan Hari Kartini dan Milad ke-44 nya, SMK Muhammadiyah Pakem melakukan aksi sosial Garuk Sampah, Jumat (21/4). Tak kurang 242 siswa kelas X didampingi guru menyusuri jalan raya di kawasan Kelurahan Pakembinangun dan Harjobinangun, memungut sampah yang ditemui.

Sampah-sampah tersebut kemudian dimasukkan bak, lalu dipilah sesampainya di sekolah. Sampah-sampah yang masih bisa dimanfaatkan, diolah menjadi produk kreatif, seperti pot, ember hias dan lain-lain.

Ketua Adiwiyata SMK Muhammadiyah Pakem, Martilah ST didampingi Koordinator Partisipasi Warsanti Medianingsih SPd mengatakan, aksi garuk sampah dimaksudkan untuk membudayakan membuang dan memilah sampah pada tempatnya, bagi para siswa. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan. "Sebagai sekolah adiwiyata yang berwawasan lingkungan, kami berupaya membentuk karakter siswa yang sehat dan selalu menjaga kebersihan lingkungan," terang Maritlah kepada KR disela kegiatan. 

Sekretaris Kecamatan Pakem Suyanto mengapresiasi aksi garuk sampah yang dilakukan siswa. Menurutnya, sebagai daerah wisata, kebersihan sangat utama bagi Kecamatan Pakem. "Semoga membuang dan memilah sampah pada tempatnya, menjadi budaya masyarakat Pakem," katanya. (Dev)

Tulis Komentar Anda