Saat Ahli Biologi Jadi Kartini Sehari

Saat para ahli Biologi jadi Kartini sehari. (Foto:Istimewa)

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pemandangan tak biasa tampak di Auditorium Fakultas Biologi UGM, Jumat (21/4/2017). Betapa tidak sivitas akademika yang juga para ahli Biologi berpenampilan berbeda memperingati Hari Kartini yang diperingati tepat hari ini.

Para perempuan yang merupakan sivitas akademika Fakultas Biologi mengenakan kebaya lengkap dengan jariknya yang juga menyimbolkan pakaian keseharian salah satu  tokoh tonggak kemajuan peradaban kaum hawa khususnya di tanah Jawa ini. Mereka tampak anggun saat berlenggok di atas podium yang dipersiapkan dalam acara puncak peringatan Hari Kartini bertajuk Teladan Kartini, Jiwa Wanita Indonesia.

Ganies Riza Aristya, S.Si., M.Sc ketua panitia mengungkap para peserta yang terlibat di acara Hari Kartini adalah mahasiswa, dosen, karyawan, serta alumni Fakultas Biologi UGM. Bahkan menurut dia, Dekan Fakultas Biologi pun turut serta dalam peragaan busana dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Sebenarnya rangkaian kegiatan digelar selama dua hari yakni 20 kemarin sampai 21 April 2017 dalam rangka peringatan Hari Kartini. Selain peragaan busana yang memamerkan produk Chattra Kebaya, Juwita Batik, dan Hatmoko Batik, juga dilaksanakan pelatihan merangkai bunga, lomba merias wajah tanpa cermin, lomba karaoke, lomba menghias nasi tumpeng serta bazzar produk nusantara," ungkapnya.

Acara Hari Kartini menurut Ganies sengaja diperingati dengan meriah untuk mengingatkan masyarakat Indonesia pada sosok RA Kartini yang berpikir visioner mendobrak peradaban saat masa hidupnya. "Melalui kegiatan ini selain untuk melestarikan budaya Kartini yang tentu sangat menginspirasi dengan langkah beraninya kala itu sekaligus juga kami untuk mempererat kebersamaan antara keluarga besar Fakultas Biologi UGM," imbuhnya.

Sementara Dekan Fakultas UGM, Drs. Budi S daryono, M.Agr.Sc., Ph.D yang turut dalam gelaran puncak acara berharap perjuangan Kartini bisa terus menginspirasi perempuan di Fakultas Biologi agar bisa berkarya nyata untuk bangsa Indonesia. "Kami berharap muncul Kartini-Kartini baru dari Biologi yang bisa menuangkan karya nyata untuk kemajuan bangsa," ungkapnya. (Fxh)

Tulis Komentar Anda