Mesin Vokasi UGM Buka Program Teknik Perkapalan

Istimewa

YOGYA, KRJOGJA.com - Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM mulai tahun ini akan membuka peminatan atau konsentrasi Teknika Perkapalan di bawah Program Studi D4 Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat.  Peminatan ini dibuka sejalan dengan perjanjian kerja sama antara Sekolah Vokasi UGM dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja terampil di bidang kelautan.

"Pogram Nawacita jelas menyoroti poros laut atau tol laut sebagai urat nadi penghubung negara ini yang selama ini belum terlalu tergarap. Karena itu, perlu sinergi dengan banyak pihak untuk menghasilkan SDM di bidang kemaritiman yang berdaya saing internasional," ujar Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D usai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Sekolah Vokasi dan PIP Semarang, Jumat (21/04/2017) di Sekolah Vokasi UGM.

Baca Juga : 

PIP Lepas 186 Perwira Pelayaran, Segera Buka S-2 Vokasi Pelayaran

PIP Semarang Gandeng Vokasi UGM Dan Undip

 

 

Wikan menjelaskan, pembukaan program ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan bersama yang ditandatangani UGM dengan Kementerian Perhubungan tentang Pendidikan, Penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan sumber daya manusia, teknologi, dan manajemen di bidang transportasi pada bulan Januari silam. Bentuk kerja sama ini, menurutnya, merupakan suatu terobosan yang telah dinantikan oleh pemerintah, khususnya untuk memenuhi kebutuhan SDM unggul yang dapat menopang rencana pembangunan nasional dalam jangka panjang.

“Ini sudah ditunggu-tunggu oleh kementerian, dan pola kerja sama seperti ini nantinya akan diperluas menjadi percontohan bagi pengembangan SDM kemaritiman nasional. UGM sebagai perguruan tinggi yang telah memiliki tradisi yang lama dan sistem yang mapan diharapkan dapat menjadi pelopor dalam hal ini,” jelas Wikan.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang Capt. Sidrotul Muntaha, M.Si., M.Mar memaparkan bahwa mahasiswa yang mengambil peminatan ini akan menerima sertifikasi kompetensi pelaut Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III) sebagai bukti kompetensi yang dimiliki, termasuk memperoleh 9 sertifikat yang menjadi persyaratan kelengkapan utama untuk dapat bekerja di atas kapal. (*)

Tulis Komentar Anda