Ninda Nindiani MA

Principal Trainer di First Step Public Speaking Club&Courses, seorang trainer, broadcaster dan professional MC yang telah menekuni dunia Public Speaking lebih dari 20 tahun.

Bergabung sejak :  

Selasa, 04 Apr 2017


Inventora : Tim Robotika UNY, Bukan Sekadar Ciptakan Robot

Tim Robotika UNY

PROGRAM Inventora di Jogja TV yang didukung Warung SS Indonesia edisi Senin 17 April 2017 kembali menghadirkan sosok anak-anak muda menginspirasi. Saya berkesempatan berbincang dengan dua narasumber yaitu Tim Robotika UNY serta Bayu Hariesta, Wakil 1 Dimas Jogja 2016 dalam pemilihan Dimas Diajeng Tingkat Propinsi tahun lalu.

Tim Robotika UNY

Di sebuah ruangan yang lumayan luas saya menyaksikan beberapa mahasiswa sedang mengutak-atik aneka robot. UNY memang menyediakan ruangan tersebut untuk para mahasiswa pecinta robot ini supaya berbagai kreativitas dapat dikembangkan.

Wafi dan Yunus, dua anggota tim Robotika UNY kemudian menceritakan dan sekaligus memperlihatkan robot yang memiliki kemampuan memadamkan api. Tanpa menggunakan remote control, robot ini berjalan, mendeteksi titik api dan melakukan pencarian sumber api tsb serta memadamkannya.

Robot ini hanyalah salah satu yang dibuat dan dikembangkan untuk kepentingan lomba atau kontes yang mereka ikuti. Namun mereka juga terus mengembangkan kemampuan supaya robot-robot tersebut lebih bisa bermanfaat bagi masyarakat, seperti robot beroda dan robot terbang.

Tim Robotika UNY bersama Ninda Nindiani

Nah, perbincangan berlanjut di luar ruangan karena mereka akan menunjukkan drone atau robot-terbang yang telah mereka kembangkan selama ini. Jimmy dan sang pilot Bregas menjelaskan komponen-komponen yang digunakan, sekaligus menunjukkan kemampuan terbang quad-kopter ini.

Ke depannya tim Robotika UNY akan terus melakukan riset dan pengembangan, misalnya menggunakan teknologi robot untuk memadamkan api dari atas, dan menebarkan pupuk sehingga bermanfaat bagi dunia pertanian.

“Dari hobby, kita bisa melakukan banyak hal, dan bermanfaat juga untuk banyak orang”, ujar Jimmy. Keren banget !

Bayu Hariesta

Perbincangan saya lanjutkan dengan Bayu Haresta, Dimas Sleman 2016 sekaligus sebagai Wakil 1 Dimas Jogja (Propinsi). Predikat yang disandangnya mengantar Bayu ke Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk ikut serta mempelajari pariwisata di negara-negara tersebut sekaligus berpromosi menampilkan keindahan seni budaya Indonesia.

Bayu Hariesta

Menurut Bayu, yang mengesankan dari pengelolaan pariwisata di negara tetangga antara lain objek wisata yang ditata dan dirawat dengan baik. Di Singapura Bayu juga belajar bahwa kebersihan dan keteraturan dijaga sehingga menjadi budaya atau kebiasaan yang melekat dalam masyarakat.

Baca Juga : Bayu Hariesta Ingin Beri Kontribusi Nyata untuk Pariwisata DIY

“Saya memang cukup prihatin soal kebersihan di negara kita. Tapi daripada cuma jengkel atau ngomel saya memilih berbuat sesuatu meski kecil. Prinsip saya, kalau kita tidak bisa membersihkan, jangan ikut mengotori. Nah itu yang saya tularkan terus kepada orang-orang di sekitar saya, termasuk keluarga.”

Bayu mengaku tidaklah gampang mengubah perilaku atau kebiasaan, misalnya mereka yang terbiasa membuang sampah di sungai di belakang rumah. Bayu pun pernah beradu argumentasi dengan keluarganya karena hal itu. Maka ia kemudian memberi contoh dengan mengubur sampah rumah tangga, bukan membuangnya di sungai.

“Dengan terpilih sebagai salah satu Dimas Jogja, maka saya merasa ada kesempatan yang lebih untuk dapat bicara mengkampanyekan kebersihan. Saya ingin anak muda lebih peduli dan merasakan nyamannya hidup bersih di manapun berada. Dimulai dari diri sendiri, semoga menular dengan cepat ke sekitarnya,” tambah Bayu.

Bayu juga berharap anak muda terus berinovasi menciptakan karya-karya yang bermanfaat bagi banyak orang, seperti idolanya, yaitu Prof.Sedyatmo yang menciptakan konstruksi/pondasi “Cakar Ayam”, yang sangat membanggakan sebagai karya bangsa Indonesia.

Pembicaraan yang sangat menarik dan menginspirasi, bersama anak-anak muda yang penuh potensi.
Ayoooo bikin bangga Indonesia !!

Tulis Komentar Anda