Pencari Kerja Di Asia Minati Perusahaan Lokal

Istimewa

PERUSAHAAN Multinasional Global (MNCs), yang secara tradisional mendominasi tenaga kerja di banyak pasar Asia, secara umum dianggap lebih berkelas dan progesif. fakta ini berlawanan dengan perusahaan lokal. 

Karena itu wajar bila para pencari kerja diberi pilihan, mereka akan memilih bekerja untuk suatu MNC daripada untuk suatu perusahaan lokal. Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa perusahaan lokal di Asia dengan cepat mengejar tempat kompetitif terhadap para pesaing global mereka.

Analisis data dari level negara mengungkapkan bahwa sebagian besar responden yang memilih terbagi antara MNCs dan perusahaan lokal, selain Singapura dimana 7 MNCs mendominasi posisi 10 perusahaan teratas untuk pilihan bekerja. Di ujung spektrum lainnya, mempunyai Indonesia dengan hanya 3 MNCs di daftar 10 perusahaan teratas, dan Malaysia dengan hanya 4 MNCs. Thailand, Vietnam, Hong Kong, dan Filipina muncul sebagai negara yang mengalami hal ini, dengan pembagian 50-50 antara MNCs dan perusahaan lokal.

Meskipun terdapat tren yang tidak konsisten di tingkat regional, hal ini tidaklah begitu mengejutkan untuk menandai bahwa Google muncul sebagai satu-satunya perusahaan yang disebutkan dalam daftar 10 perusahaan teratas masing-masing negara (kecuali Vietnam, mungkin karena tidak ada kantor Google). 

Sementara Hong Kong, Singapura,  dan Malaysia menunjukkan penurunan terhadap industri teknologi, industri transportasi, dan industri minyak dan bahan bakar, barang-barang konsumsi sepertinya menjadi industri yang dominan untuk sebagian besar responden di Indonesia, Filipina, dan Thailand. Namun di Vietnam, minat responden terpaut pada perusahaan makanan & minuman serta  telekomunikasi. (*)

Tulis Komentar Anda