Banyak Program Unggulan, Penduduk Miskin di Sukoharjo Terus Turun

Ilustrasi. (Foto: Doc)

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Jumlah warga miskin di Kabupaten Sukoharjo turun. Pada 2016 lalu ada 11 persen maka tahun 2017 menjadi sembilan persen dari total keseluruhan jumlah penduduk sekitar 800 ribu lebih jiwa.

Plt Kepala Dinas Sosial Sukoharjo Sarmadi, Selasa (21/3/2017) mengatakan, penurunan jumlah warga miskin terjadi karena sejumlah fakfor, salah satu pengaruh terbesar yakni program andalan dari Pemkab Sukoharjo. Program tersebut seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis, bantuan warga miskin, pembangunan infrastruktur, tersedianya lapangan kerja dan lainnya.

“Satu program dengan program lainnya saling terkait dan efektif menurunkan jumlah warga miskin di Sukoharjo. Semisal banyaknya lapangan kerja membuat warga bisa bekerja dan memiliki sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga,” ujar Sarmadi.

Peningkatan juga dilihat dari adanya pembangunan infrastruktur merata disemua wilayah di Sukoharjo. Seperti jalan, jembatan, pasar dan lainnya sebagai bagian dari akses masyarakat.

“Keamanan juga menjadi faktor sebab kondisi di Sukoharjo sangat aman dan kondusif. Membuat investor masuk menanamkan investasi membuka usaha dan membuat roda perekonomian terus berputar,” lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo pada tahun 2017 ini akan terus berupaya menurunkan angka warga miskin dibawah sembilan persen. Berbagai program telah disiapkan seperti penguatan ekonomi keluarga, pemberian bantuan modal untuk ibu yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH), pembentukan koperasi di masing masing desa.

“Tidak hanya warga miskin, namun juga warga rentan miskin akan jadi sasaran kami melalui penguatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Bantuan diberikan agar mereka tidak masuk dalam data warga miskin,” lanjutnya.

Dinas Sosial Sukoharjo mencatat jumlah warga miskin tahun 2017 tinggal 47.849 atau turun dibanding tahun 2016 sebanyak 51.168. Angka tersebut dikatakan Sarmadi sama dengan data penerima Beras Sejahtera (Rastra) atau sebelumnya Beras Miskin (Raskin).

“Jumlah warga miskin Sukoharjo turun 3.319 dan sekarang tinggal 47.849 dari sebelumnya 51.168,” lanjutnya.(Mam)

 

Tulis Komentar Anda