Kroket Singkong Gantikan Cita Rasa Kentang

Kroket singkong bentuknya dibuat lonjong. (Foto : Sulistyanto)

KROKET selama ini dikenal jenis makanan yang terbuat dengan bahan dasar kentang. Namun kini olahan yang sudah akrab di lidah masyarakat tersebut dapat ditemui dengan citarasa berbeda. Kroket baru terebut meninggalkan kentang sebagai bahan dasar dan menggantinya dengan ketela.

Kroket ketela terebut dikenalkan Chasanah, warga Nogotirto Sleman. Awalnya ia sekadar mencoba-coba membuat kroket singkong untuk kebutuhan hidangan keluarga sana dan ternyata kreasi olahan tersebut disukai.

Menurut para saudaranya, kroket ketela ini enak lantaran citarasa khas singkong sangat terasa. Setelah itu Chasanah mulai memberanikan membuat kroket ketela untuk dijual ke pasar, warung maupun disetor ke pedagang jajanan.

“Respon pasar cukup bagus sehingga membuat saya lebih serius untuk membuat kroket ketela lebih banyak lagi. Setiap saya buat selalu laris terual dan banyak pembeli yang menggemarinya,” katanya kepada KRJOGJA.com.

Akhirnya Chasanah mulai rutinmembuat olahan barunay itu. Setiap hari rata-rata ia membutuhkan delapan kilogram singkong. Menurutnya mengolah kroket dengan ketela lebih mudah karena bahan ini bisa badat ketika direbus.

Agar nampak beda dengan kroket kentang dengan bentuknya yang bulat, Chasanah membuat makanan olahannya ini berbentuk lonjong. Dengan bentul lonjong kini kroket ketela buatan Chasanah mulai dikenal masyarakat. (Yan)

Tulis Komentar Anda