Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Gelar SELF 2017

Kegiatan SELF 2017

HIMPUNAN Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, menggelar Sharia Economic Law Festival (SELF) 2017 yang berlangsung selama 5 hari terhitung mulai dari tanggal 13-17 Maret 2017. Diawali dengan kegiatan lomba dan dilanjutkan dengan expo yang berhasil menyedot perhatian publik dengan jumlah pengunjung kurang lebih 150 orang tiap harinya.

Kegiatan ini patut diapresiasi karena mampu melibatkan seluruh elemen akademis maupun non-akademis mulai dari mahasiswa, non-mahasiswa, komunitas, dosen, dan juga pelaku usaha. Acara Sharia Economic Law Festival 2017 dibuka secara resmi pada 14 Maret 2017 oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum yaitu Dr H Agus Moh Najib SAg MAg.

Setelah itu dilanjutkan dengan lettering show dan talkshow entrepreneurship yang menghadirkan narasumber dari Lembaga Konsumen Yogyakarta, dan pengusaha seperti Helmi Rahman dan Triyono yang membagikan ilmu seputar berbisnis dan motivasi untuk menjadi entrepreneur sukses.  

Selain itu, kegiatan expo  juga dimeriahkan oleh Komunitas Stand Up Comedy UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Gelak tawa dari penonton yang merasa terhibur karena open mic dari 5 komika juga turut menambah keseruan acara ini.

Di halaman Gedung Fakultas Syariah dan Hukum, tersedia 10 stand bazaar yang menawarkan makanan dan minuman produk lokal dan juga fashion. Stand bazaar terhitung tidak pernah sepi dari pengunjung.

Sebagian pelaku usaha mengaku bahwa produk dagangannya selalu laku terjual setiap hari bahkan sampai ada yang kewalahan akibat banyaknya minat pembeli. Kegiatan expo berlangsung dengan sangat sukses dan meriah terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang dan turut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan expo.
 
Kegiatan lomba, diawali dengan pertandingan futsal dan volley lintas angkatan pada tanggal 13 Maret 2017 yang kemudian disusul dengan pertandingan battle of brain, business plan, dan akustik challenge di hari-hari berikutnya. Tingkat antusias dan partisipasi para peserta baik dari kalangan mahasiswa maupun non-mahasiswa sangat tinggi, terbukti dengan jumlah peserta lomba yang mencapai angka 160 peserta. Gegap gempita para suporter juga turut meramaikan dan memeriahkan kegiatan lomba sehingga menambah serunya atmosfir persaingan sengit antar team dalam memperebutkan gelar juara di tiap lomba.

Malam puncak, akan digelar Inaugurasi pada tanggal 17 Maret 2017 yang bertajuk 'Flashnite' di halaman Poliklinik UIN Sunan Kalijaga. Menampilkan Band Indie Jogja seperti New Kamaru, South Java, Ring Woloe, Crash The Rules, Up For It, Cogito dan Floorboards.

Selain itu, juga ada penampilan dari Assasin DJ Music yang akan turut serta meramaikan malam puncak sekaligus penutup dari serangkaian acara Sharia Economic Law Festival 2017. Dengan suksesnya acara ini, semua pihak panitia berharap acara Sharia Economic Law Festival 2017 tidak berhenti pada periode ini saja, namun akan digelar dan dikemas lebih mengedukasi menarik, kreatif, dan inovatif oleh angkatan selanjutnya.
 (Vivi, mahasiswi Jurusn Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga)

Tulis Komentar Anda