Mengenang WR Soepratman, Hari Musik Perlu Diluruskan

Agus Bastian dalam tasyukuran peringatan lahirnya WR Soepratman. (Foto : Gunarwan)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret perlu diluruskan. Mengingat peringatan Hari Musik Indonesia itu mengacu pada kelahiran pahlawan dan komponis besar WR Soepratman.

“Peringatan Hari Musik Nasional itu diambil dari tanggal kelahiran WR Soepratman versi yang terdahulu. Sehingga apabila pemerintah konsisten, maka seharusnya Hari Musik Nasional diganti dengan tanggal kelahiran WR Soepratman yang sudah diluruskan, yakni tanggal 19 Maret,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM pada tasyukuran peringatan hari lahirnya WR Soepratman di Desa Sumongati Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Peringatan hari lahirnya komponis pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya ini berlangsung hikmat dengan digelar berbagai acara yang dimulai dari tasyukuran. Kegiatan perayaan akan berlangsung hingga, Selasa (21/03/2017).

Menurut Agus Bastian, jika peringatan Hari Musik Indonesia diselaraskan dengan hari lahirnya WR Soepratman yang sebenarnya, maka akan semakin mengangkat nama Kaligesing sebagai tanah kelahiran WR Soepratman. “Selain menumbuhkan rasa kebanggaan bagi warga Purworejo, sekaligus bisa diekplorasi sebagai potensi wisata sejarah untuk mendukung branding Romansa Purworejo 2020,” jelas Agus Bastian. (Nar)

Tulis Komentar Anda