Dinas Kebakaran Target Rumah Dilengkapi 'Apar'

Istimewa

SOLO, KRJOGJA.com - Dinas Pemadam Kebakaran mematok target setiap rumah warga nantinya dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (Apar), sebagai antisipasi dini bencana kebakaran. Setidaknya, ketika kobaran api masih kecil, warga dapat melakukan upaya pemadaman menggunakan Apar, sebelum Mobil Pemadam Kebakaran (MPK) tiba di lokasi melakukan evakuasi total.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Gatot Sutanto, menjawab wartawan, di Balaikota, Senin (20/03/2017) mengungkapkan pengadaan Apar yang didistribusikan ke rumah warga itu, rencananya dibiayai dari bantuan pihak ketiga melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Hanya saja, mesti dilakukan secara bertahap dengan prioritas pada warga di wilayah-wilayah tertentu yang rawan terjadi kebakaran dan sulit dijangkau armada MPK terkait akses jalan terlalu sempit.

"Saat ini, distribusi Apar baru menyasar pada tingkat kecamatan dan kelurahan, masing-masing satu unit, dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)." 

Tahap berikutnya, tambah Gatot, distribusi Apar menyasar pada Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT), sebelum nantinya menjangkau ke rumah warga. Dalam kaitan tersebut, pihaknya saat ini tengah menjajagi kerjasama dengan pihak ketiga berburu dana CSR. (Hut)

Tulis Komentar Anda