Pelayanan Air Bersih Di Kulonprogo Belum Merata

ilustrasi (Dok)

WATES (KRjogja.com) - Akses air minum yang baik belum semua keluarga di Kulonprogo dapat menikmatinya. Angka total kebutuhan air di Kulonprogo sebesar 10.499.276 m3/tahun, sedangkan jumlah penduduk tahun 2016 adalah 479.419 jiwa, karena itu  pelayanan air bersih baru sebesar 54,13 persen.

Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro SE, sebagai upaya agar masyarakat lebih banyak lagi yang mendapatkan air bersih, perlu adanya penambahan jaringan distribusi air minum melalui PDAM maupun non PDAM melakui sistem penyediaan air minum desa (SPAMdes).

"Program yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Kulonprogo dalam rangka memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat adalah mengembangkan jaringan perpipaan distribusi air minum baik jaringan PDAM maupun non PDAM (SPAMdes)," kata Jumantoro.

Tahun 2017 ini pemkab juga memberikan sambungan rumah (SR) bagi masyarakat berpenghasilan rendah gratis sebanyak 1.000 sambungan. Program ini, diharapkan akan lebih meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan peningkatan akses air minum yang layak. (Wid)

Tulis Komentar Anda