Pembudidaya Ikan Temanggung Studi Banding ke Kampung Lele Boyolali

petani saat mengunjungi kampung lele. (Foto: Zaini )

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Sebanyak 52 orang pembudidaya ikan lele dan nila studi banding di kampung lele di Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali dan Loka Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar di Janti Klaten. Dipilihnya dua tempat tersebut karena dinilai berhasil dalam budidaya ikan air tawar.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Muhamad Hadi Jumat (17/3) mengatakan studi banding untuk meningkatkan wawasan bagi pelaku pembudidaya ikan di daerah tersebut. Mereka dapat melihat secara dekat kegiatan budidaya ikan lele dan nila yang di laksanakan secara intensif, kelembagaan kelompok dan proses pemasaran ikan.

" Mereka yang diikutkan adalah perwakilan dari kelompok pembudidaya ikan, dengan harapan dapat ditularkan pada yang lain," katanya.

Dia mengemukakan mereka yang ikut merupakan calon penerima kegiatan Pengembangan Diversifikasi Usaha Tani Melalui Agribisnis dan Intensifikasi Budidaya Ikan tahun 2017. Jadi, sebelum mendapat bantuan, mereka mendapat peningkatan wawasan terlebih dulu.

Harapnya, kata dia para pelaku pembudidaya ikan tersebut tidak gagap dalam menerapkan teknologi, dan dapat lebih meningkatkan usahanya sehingga dapat meningkatkan produksi perikanan dan nilai tambah.

Sedangkan bantuan yang akan diterima, disampaikan Hadi adalah sarana produksi perikanan (saprokan) berupa benih ikan, pakan ikan, dan peralatan perikanan. (Osy)

 

Tulis Komentar Anda