PLN Bangun 164 Sanitasi Dukung Lingkungan Bersih

Sakti Laksana( kiri) menyerahkan secara simbolis dana CSR senilai Rp 100 juta kepada Lurah Mangunsari, Karangmalang dan Plalangan untuk pembangunan jamban. Foto: CHANDRA AN

SEMARANG (KRJogja.Com) - PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Minggu (19/3/2017) mendukung lingkungan bersih dengan ikut serta dalam acara CSR pembangunan Jamban di Kelurahan Plalangan Gunungpati Semarang. Acara tersebutjuga diikuti Kodim 0733/BS Semarang, Rotary Klub, Gapensi serta perwakilan warga.

Program itu, papar Hardiawan Sakti Laksana Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Jateng-DIY, sejalan dengan program yang dicanangkan Kemendes yaitu Gerakan Sejuta Jamban 2017 sebagai program CSR berkelanjutan perusahaan.

PLN telah memberikan 164 jamban di kelurahan Mangunsari dan Karangmalang di Kecamatan Gunungpati. Setelah sebelumnya membangun 200 jamban di tahun 2016 yang diberikan kepada warga di Kelurahan Sadeng, Pogangan, Kandri, Ngijo dan Kalisegoro. Pemberian dan pembangunan jamban merupakan bentuk dukungan kepada pe,erintah dalam mengentaskan per,asalahn terutama di bidang kesehatan masyarakat.

"Program ini diharapkan menyediakan tempat pembuangan yang layak serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya hidup sehat," papar Hardiawan Sakti.

Saat ini, lanjut Hardiawan Sakti, Indonesia menempati urutan ke 2 di ASEAN sebagai negara dengan sanitasi terburuk. Lebih dari 20 juta warga tak memiliki WC dan masih terbiasa buang air di sungai atau kebun. Dampaknya, masih ada nasyarakat yang terkena penyakit tipus, desentri dan Hepatitis A.

Sementara itu, lurah Plalangan Sukisno SH, mengemukakan, jumlah KK di kelurahan yang dipimpinnya sebanyak 1400 KK dengan 4000 warga. Pemberingan dan pembangunan jamban ini akan menambah penilaian untuk lingkungan yang sehat diwaktu mendatang. Dan, kami senang sekali sebab masyarakat kami sekarang berkehidupan sehat betul. (Fre/Cha)

Tulis Komentar Anda