Kuliah Online Bersama Giras Pasopati

Istimewa

YOGYA, KRJOGJA.com  - Jurnalisme longform, jurnalisme sastrawi, dan konvergensi adalah adalah fenomena atau era baru media online di Indonesia.  Media- seperti Katadata.co.id, CNNIndonesia.com, Beritagar.id, Tirto.id, dan Kumparan.com menawarkan ‘sensasi’ baru dalam menikmati sajian fakta yang diramu dengan laman interaktif, infografis, animasi hingga laporan khusus yang disebut ‘longform’. 

Hal itu diungkapkan oleh asisten redaksi CNNIndonesia.com dan alumnus Prodi Ilmu Komunikasi UAJY Giras Pasopati melalui konferensi jarak jauh di hadapan mahasiswa mata kuliah Jurnalisme Online Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

"Produk ini mengedepankan user interface sesuai perkembangan teknologi dan kedekatan interaksi dengan publik melalui sosial media, aplikasi dan gadget," ujar Giras. 

Giras menjelaskan meski perkembangannya luar biasa, media online memiliki tantangan kecepatan dan kedangkalan berita. Bahkan, seringkali persaingan kecepatan antar media online membuat akurasi diabaikan. “Kecermatan dan ketegasan redaksional sangat penting untuk memilih berita layak unggah,” ujarnya.

Tantangan kedua, kata Giras adalah kedangkalan berita. "Seringkali media hanya demi mengejar klik. Media online mengunggah berita yang minim esensi, tapi penuh sensasi. Hal ini sebenarnya juga membahayakan kualitas literasi masyarakat. Contohnya, berita yang mengangkat polisi cantik,” tambah Giras.

Giras memaparkan, longform merupakan wadah baru dengan format berita di majalah. Longform memiliki keunggulan untuk menyajikan berita yang lebih mendalam namun dalam bentuk media online. (*)

Tulis Komentar Anda