Raja Salman Akhiri Kunjungan Di Asia

RIYADH, KRJOGJA.com – Pada Sabtu 18 Maret 2017, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud akhirnya kembali ke Arab Saudi setelah selama sebulan melakukan Tur Asianya. Kepulangannya ke kerajaan dipercepat usai Raja Salman membatalkan kunjungannya ke Maladewa.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (19/3/2017) agenda utama Raja Salman ke Malaysia, Indonesia, Brunei, Jepang dan China sebenarnya adalah untuk menjalin kerjasama dengan berbagai negara demi merealisasikan perubahan ekonomi Arab Saudi.

Di setiap negara yang dikunjungi Raja Salman, ia kerap mempromosikan investasi di Arab Saudi, termasuk di perusahaan minyak Aramco. Tur Asia Raja Salman juga menjadi awal negaranya yang bertekad untuk mengurangi ketergantungannya terhadap minyak.

Tidak hanya kerjasama ekonomi, selama Tur Asianya Raja Salman kerap mengajak berbagai negara untuk ikut andil dalam penyelesaian masalah di Timur Tengah, termasuk dalam memerangi terorisme. Bahkan ketika di Jepang, Raja Salman meminta pemerintah Negeri Sakura lebih terlibat dalam dialog isu Palestina dan Yaman.

Sebenarnya pada Sabtu 18 Maret, Raja Salman seharunya mengunjungi Maladewa namun ia membatalkannya. Pembatalan itu dipicu oleh penyebaran wabah flu babi di Ibu Kota Maladewa, Male. (*)

Tulis Komentar Anda