Fosil Tanaman Tertua Ditemukan

AMERIKA, KRJOGJA.com - Dua fosil ditemukan peneliti dan dipercaya sebagai tanaman tertua yang ada di Bumi. Tanaman tersebut ialah ganggang merah yang diyakini sudah ada sejak 1,6 miliar tahun yang lalu serta ditemukan di sedimen batuan Chitrakoot yang ada di India.

Penemuan ini memunculkan organisme multicelula. Mulai dari evolusi hewan dan tanaman yang mungkin sudah berevolusi 400 juta lebih cepat dari yang sebelumya dipikirkan.

Profesor Emeritus of Palaeozoology dari Swedish Museum of Natural History, mengungkapkan tidak bisa 100% yakin bahwa material ini berasal dari zaman kuno. “Karena tidak adanya DNA yang tertinggal. Tapi pada karakternya dengan morphology dan struktur dari ganggang merah sepertinya mirip,” ungkapnya.

Organisme kompleks ini menyusun sel material yang disebut dengan Eukaryotes yang telah berevolusi sekira 600 juta tahun kemudian. Terbentunya eukaryotes ini merupakan langkah penting dalam evolusi organisme komplek termasuk pdada hewan dan tanaman.

Penemuan ganggang merah ini merupakan awal dari eukaryotes multiselular. Ganggang merah yang paling lama sudah diketahui sebelumnya ditemukan pada 1,2 miliar tahun. Fosil yang ditemkan di India berusia 400 juta tahun lebih tua dan lebih tua lagi dari fosil tanaman yang pernah ditemukan. (*)

Tulis Komentar Anda