Arab Saudi Tingkatkan Ekspor Minyak ke China

Ilustrasi. (Foto : Dok)

CHINA, KRJOGJA.com - China dan Arab Saudi sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara khususnya dalam sektor minyak, termasuk ekspor minyak Saudi ke China. Pernyataan resmi ini disampaikan kedua pihak pada akhir pekan kemarin dipenghujung kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Beijing.

Eksportir minyak terbesar di dunia tersebut melihat ada potensi peningkatan kerja sama dengan ekonomi terbesar kedua di dunia. Setelah kehilangan pasar untuk Rusia tahun lalu, Arab Saudi telah berupaya untuk meningkatkan penjualan minyak ke China.

"Kedua negara bersedia untuk menaikkan level dari kerja sama di sektor minyak, termasuk memasok minyak Saudi untuk pasar Cina yang terus berkembang," ucap kedua pihak dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Raja Salman diyakini berpotensi meneken kerja sama senilai USD65 miliar pada hari pertama kunjungannya ke Beijing, tengah pekan kemarin. China sendiri telah memainkan peran kecil dalam konflik Timur Tengah dan telah berusaha untuk terlibat lebih banyak dalam upaya mengakhiri perang saudara di Suriah yang sudah berkecambung selama enam tahun. (*)

Tulis Komentar Anda