Presiden: Pos Lintas Batas Negara Jangan Hanya Jadi Kantor Saja

Ilustrasi. (Foto: Doc)

KALBAR, KRJOGJA.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pos lintas batas negara (PLBN) Aruk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Jumat (17/3/2017). Sehari sebelumnya Presiden Jokowi juga telah meresmikan PLBN Nanga Badau yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pos lintas batas negara adalah presentasi dari wajah Indonesia.

Presiden Jokowi menjelaskan, adanya PLBN Aruk yang baru saja dibangun ulang ini harus bermanfaat bagi masyarakat. Adanya pos lintas batas negara ini harus mendorong roda perekonomian di wilayah sekitar.

"Saya hanya ingin titip pos lintas batas negara yang ada di Aruk ini agar betul-betul digunakan masyarakat untuk pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. Jangan hanya sebatas sebagai kantor imigrasi, karantina, dan bea cukai," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (17/3/2017).

Peresmian PLBN Terpadu Aruk di Kabupaten Sambas ini merupakan peresmian PLBN ketiga di Kalimantan Barat oleh Presiden Jokowi. Setelah PLBN Nanga Badau di Kapuas Hulu yang diresmikan kemarin, PLBN lainnya adalah PLBN Entikong yang telah diresmikan Presiden pada 21 Desember 2016. "Tiga PLBN kita bangun dengan sebuah desain yang megah, semuanya berada di Kalimantan Barat," ucap dia.

Jokowi juga menyatakan suka citanya mendengar pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Barat yang berada di atas rata-rata nasional. Berdasarkan data yang diterima olehnya, pertumbuhan ekonomi di sana menunjukkan angka 5,22 persen. (*)

Tulis Komentar Anda