LANGKAH CEPAT FACEBOOK

Video Pria Bunuh Diri di Jagakarsa Sudah Dihapus

Ilustrasi. (Foto: Doc)

PIHAK Facebook menghapus video pria yang menyiarkan aksi bunuh dirinya di akun Facebook. Pria yang diketahui bernama Panghinggar Indrawan tersebut mengunggah video bunuh dirinya sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada Jumat (17/3/2017), video berdurasi 1 jam 44 menit itu pun masih bisa disaksikan hingga sekitar pukul 20.30 WIB.

Namun beberapa menit kemudian, video dengan konten tak pantas tersebut sudah menghilang dari akun Facebook. Melihat konten yang tak pantas di dalamnya, pihak Facebook langsung mengambil langkah cepat untuk menghapusnya.

Kendati demikian, video yang sama telah beredar di kanal lainnya, diduga video tersebut sudah diunduh pihak lain dan mengunggahnya kembali.

Kemungkinan besar, langkah cepat Facebook menghapus video siaran langsung bunuh diri itu karena banyaknya pengguna yang melaporkan (report) adanya konten tak pantas di dalamnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah bertemu dengan perwakilan Facebook global pada pertengahan Februari lalu. Dalam pertemuan tersebut, Facebook berjanji untuk segera mengatasi konten negatif di Indonesia.

Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan sebelumnya mengatakan bahwa Facebook bersedia mengatasi konten negatif yang bersifat membahayakan negara maupun perseorangan dengan lebih cepat. (*)

Tulis Komentar Anda