SUPERMUSIC ID ROCKIN BATTLE

Penerus Musik Rock Terus Diburu

Ilustrasi. (Foto: Doc)

LEGENDA musik rock tanah air seperti Ian Antono (God Bless), Stevie Item (Andra & The Backbone), Stephan Santoso (Musikimia) dan Imanine (J-Rocks) datang ke Yogya mencari band rock terbaik yang terlibat dalam kompetisi Supermusic ID Rockin Battle. Sepuluh band rock lokal unjuk kebolehan di depan dewan juri guna memperebutkan kesempatan rekaman di Studios 301, Sidney, Australia yang telah menghasilkan sederet musisi kenamaan dunia, seperti Coldplay, Muse, Silverchair hingga Metallica.

Tidak hanya itu, Supermusic ID sebagai penggagas perhelatan ini juga memberikan penghargaan lain bagi para pemenang, yakni pembuatan album yang diproduseri oleh Stephan Santoso, kesempatan manggung di seluruh Indonesia bersama Supermusic ID selama dua tahun dan tergabung dalam manajemen artis Megapro Communication.

Didominasi panggung warna merah dengan tagline 'Blast Your Noise and Be Next Indonesia Rockstar!'di halaman Jogja City Mall (JCM), Jumat (17/3/2017), ajang ini digagas untuk melahirkan generasi baru band rock Indonesia. Proses seleksi dalam tiap tahapan kompetisi dilakukan secara ketat dengan lima tahap seleksi, yakni fase registrasi, live audition, online voting, band camp dan final audition.

Dari 2000 peserta yang memasukkan dua materi lagu di website rockinbattle.supermusic.id, Ian Antono mengaku cukup kesulitan untuk memilih yang terbaik. Ia mengungkapkan antusiasme anak muda Indonesia untuk terus menggemakan musik rock patut diapresiasi. Meskipun begitu, ia dan ketiga rekan lainnya akhirnya bisa memilih sepuluh band terbaik asal Yogyakarta. Kesepuluh band tersebut adalah Desperados, Archiblues, Diary of Alexandria, Der Jager, Footprints, Blue Voices, Kasino Brothers, Rebbelion Rose, Hi Volt dan Something About Lola.

"Menurut saya, salah satu kriteria penilaian saat mereka ada di panggung bisa memunculkan roh-roh musik rock itu sendiri," ujar Ian saat dijumpai KRjogja.com sesaat sebelum memberikan penilaian dan komentar untuk para peserta, Jumat (17/3) di belakang panggung. Ian yang juga pentolan grup rock God Bless itu mengungkapkan sudah memiliki 40 band terbaik di empat kota, yakni Surabaya, Yogya, Bandung dan Jakarta yang dikompetisikan lagi via <I>online voting untuk maju ke babak band camp di Jakarta. (*-1)

 

Tulis Komentar Anda