Konsorsium Tiga BUMN Garap Jalur KA Ke Bandara

Istimewa

SOLO, KRJOGJA.com - Rencana pembangunan jalur kereta api ke Bandar Udara (Bandara) Adisoemarmo kian mengerucut, menyusul PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini tengah menyiapkan konsorsium yang bakal mengelola jalur baru tersebut. Bahkan PT KAI telah memesan dua rangkaian kereta api yang akan dioperasikan di jalur Solo Balapan hingga bandara Adisoemarmo di wilayah Kabupaten Boyolali.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, menjawab wartawan di sela menyerahkan  bantuan senilai Rp 150 juta  kepada Wayang Orang Sriwedari, Kamis (16/03/2017) malam mengungkapkan proses administrasi terkait dengan dokumen perizinan, sejauh ini relatif lancar. Sedangkan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bersinergi membentuk konsorsiunm, terdiri PT KAI, PT Angkasa Pura I dan PT Pembangunan Perumahan.

Edi Sukmoro mengaku belum dapat memastikan pembangunan jalur baru integrasi antarmoda transportasi umum ini mulai dikerjakan. "Lebih cepat, lebih baik," ujarnya sembari meminta dukungan pemerintah daerah di sekitar jalur rel KA, terutama dalam hal yang terkait dengan persoalan non teknis.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mendukung sepenuhnya rencana pembangunan jalur kereta api ke Bandara Adisoemarmo, sebagai upaya mengintegrasikan seluruh moda transportasi umum di wilayah Solo. Saat ini, antara Stasiun KA Solo Balapan dengan terminal Bus Tirtonadi telah diintegrasikan dengan pembangunan sky bridge. (Hut)

Tulis Komentar Anda