Bangun Pariwisata Berbekal Brand Pesona Indonesia

Aris Riyanta memaparkan Brand Pesona Indonesia. (Foto : Febriyanto)

YOGYA, KRJOGJA.com - Butuh pemahaman dan konsistensi pemangku kepentingan pelaku di sektor pariwisata untuk mencapai target yang telah dicanangkan sebelumnya. Salah satunya secara nasional dengan berkesinambungan melakukan branding brand pariwisata 'Pesona Indonesia'.

"Ketika brand itu disuarakan banyak orang akan makin menyebar secara luas. Dengan brand tersebut, pariwisata Indonesia akan mudah dikenal, diingat dan identitasnya jelas. Brand 'Pesona Indonesia' digunakan di dalam negeri. Sedang untuk ke luar negeri memakai 'Wonderful Indonesia' dengan logo Burung Garuda," tutur Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir Aris Riyanta MSi dalam Sosialisasi Brand Pesona Indonesia di Fave Hotel Yogyakarta, Rabu (15/03/2017).

Melalui brand ini diharapkan mainset warga bisa lebih mudah. Sasaran dari branding ini dikatakan Aris secara umum masyakat luas, tapi juga ditekankan bagi akademisi, pemerintah, media, industri pariwisata dan komunitas.

"Saat semua memahami perspektif yang sama akan menguatkan citra brand pariwisata. Brand perlu dibranding sebagai upaya sosialisasi atau memperkenalkan pada segmen pasar yang tersebar di Indonesia," jelasnya.

Branding 'Pesona Indonesia' ini dijelaskan Aris dalam penerapannya akan disandingkan dengan brand-brand di tiap daerah. Seperti halnya untuk event pariwisata di Yogyakarta, akan disandingkan dengan brand 'Jogja Istimewa'.

Brand 'Pesona Indonesia' ini sendiri ajauga sebagai upaya mencapai target perjalanan 265 juta wisatawan domestik. Angka tersebut mengalami peningkatan 5 juta dibandingkan tahun 2016 sebanyak 260 juta.

"Adanya branding ini penting karena pariwisata di DIY berada di posisi ketiga dengan angka 10,4 pada produk domestik regional bruto," jelasnya.

Dijelaskan Aris, Branding Pesona Indonesia juga dapat diterapkan dalam program Pariwisata DIY. Terlebih di Yogyakarta memiliki Calender of Event skala nasional yang cukup banyak sehingga mampu menarik perhatian wisatawan nusantara. (R-7)

Tulis Komentar Anda