Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 16 Maret 2017 / 13:51 WIB

Polsek Baki Gelar Apel Purna Tugas Kejawen

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Apel purna tugas dengan adat jawa digelar Polsek Baki untuk melepas Aiptu Siyam Tarokhi yang pensiun dari tugasnya sebagai polisi, Kamis (16/03/2017). Dalam kegitan tersebut diserahkan pakaian adat kejawen sekaligus menunjuk Aiptu Siyam Tarokhi sebagai duta Bhabinkamtibmas Polsek Baki.

Kapolsek Baki AKP Poniman, apel purna tugas dengan adat jawa baru kali pertama digelar di Polsek Baki. Kegiatan dimaksudkan sebagai bagian melestarikan budaya jawa sekaligus memberikan penghormatan setingginya kepada anggota Polsek Baki yang pensiun.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Apel purna tugas diikuti oleh seluruh anggota digelar di halaman Mapolsek Baki. Pada kesempatan tersebut Aiptu Siyam Tarokhi mendapat kehormatan diberikan pakaian kejawen, mulai dari beskap, blangkong, keris dan kelengkapan lainnya.

Usai menerima, Aiptu Siyam Tarokhi langsung mengenakannya dan diarak keliling mengelilingi lingkungan disekitar Mapolsek Baki. Kegiatan tersebut mendapat perhatian dari masyarakat sekitar dengan melihat langsung apel purna tugas.

“Aiptu Siyam Tarokhi anggota terbaik kami dan sekarang pensiun. Sebagai bentuk penghormatan atas dedikasinya mengabdi sebagai anggota polisi puluhan tahun sudah selayaknya kami menggelar apel purna tugas,” ujar Poniman.

Aiptu Siyam Tarokhi sebelumnya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Gedongan Kecamatan Baki. Selama tugasnya, AKP Poniman mengatakan, Aiptu Siyam Tarokhi sering aktif berkegiatan di masyarakat. Keaktifannya membuat pelaksanaan tugas menjadi lebih mudah dan lancar.

Ia mengaku sangat terharu dengan penghormatan yang diberikan Polsek Baki dalam apel purna tugas. Seinggatnya sebagai polisi baru kali ini dilaksanakan apel untuk memberikan penghormatan kepada anggota yang pensiun menggunakan ada jawa. (Mam)