Ketinggian Ombak Pantai Selatan Gunungkidul Capai 6 Meter

Ilustrasi. (Foto : Dok)

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta para nelayan, wisatawan dan warga yang melakukan aktivitas di perairan laut dan pantai selatan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini terkait peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam sepekan ke depan terjadi peningkatan gelombang laut hingga mencapai 16 feet atau sekitar 5 - 6 meter.

Tinggi gelombang relatif tinggi dan berpotensi menimbulkan korban lantaran sepanjang perairan laut dalam keadaan tidak aman untuk kegiatan berlayar. ”Sejak Rabu (15/3) tanda-tanda gelombang laut naik mulai terasa dan perkembangan demi perkembangan terus kita pantau dan sosialisasikan kepada masyarakat dan nelayan,” kata Koordinator SAR wilayah II Pantai Baron, Marjono Rabu (15/03/2017).

Antisipasi terjadinya gelombang laut pasang kini terus dilakukan dengan meningkatkan pengamanan di sepanjang pantai terutama yang banyak dikunjungi wisatawan maupun yang digunakan tempat kegiatan para nelayan. Harapannya, jika ketinggian gelombang mencapai maksimal antara 5-6 meter, tidak menimbulkan dampak terjadinya korban.

Gelombang tinggi laut selatan memang sudah diprediksi sebelumnya mengingat setiap bulan Januari-Maret-April cuaca di sepanjang perairan laut selatan tidak bersahabat dan cenderung ganas, berpotensi menimbulkan bahaya bagi warga yang beraktivitas di laut. Dijelaskan Marjono, ketinggian gelombang dalam sepekan ke depan tidak serta merta tetapi diawali dari ketinggian 6 feet menjadi 7 feet, 10 feet dan sampai puncaknya pada akhir pekan bisa mencapai 16 -17 feet atau 6- 7 meter. (Bmp)

Tulis Komentar Anda