Usaha Menjanjikan Pembuatan Arang Bathok

Proses membuat arang bathok, bahan baku bathok saat dimasukan ke tungku. (Foto: Sulistyanto)

BATHOK atau tempurung kelapa selain bisa diproses menjadi aneka kerajinan unik, dapat juga dijadikan arang yang banyak dibutuhkan sebagai bahan baku pembuatan briket arang. Bahkan, telah menjadi komoditi ekspor. Perusahaan briket arang pun siap menerima arang bathok dalam jumlah berapa pun.

Peluang tersebut mampu ditangkap Ryan Hartopo, sehingga sejak 2010 silam ia mantap menerjuni usaha pembuatan arang bathok.  Perusahaan briket arang yang rutin ia setori, yaitu di Ungaran Semarang dan Piyungan Bantul.  Dalam seminggu, rerata bisa setor  enam ton arang bathok, sebab ada sejumlah plasma yang mengumpulkan arang bathok ke tempatnya. Adapun harga arang bathok  (jika saat pemrosesan di tungku disiram air untuk mematikan bara api) kisaran Rp 5.500 perkilogram.  

Ryan menjelaskan jika  model tungkunya premium atau mati karena kedap air/lubang-lubang di tungku ditutup tanah harga arang  kisaran  Rp 6.000 per kilogram. Bahan baku bathok harganya antara Rp 1.200 sampai Rp 1.500 perkilogram. Pada musim penghujan seperti sekarang ini harga bathok biasa mahal, sampai 1.500 perkilogram. 

"Kami banyak memperoleh bahan baku seperti di pasar-pasar maupun pembuat minyak goreng kelapa. Ketika kemarau lebih banyak lagi didapat terlebih dari pembuat kopra di Purworejo,” papar Ryan ketika di temui lokasi usahanya kawasan Sembuh Kidul Sleman, Rabu (15/3/2017). (Yan)

Tulis Komentar Anda