Kurangi Bahaya Polusi Udara dengan Vitamin B

AMERIKA, KRJOGJA.com - Mengonsumsi vitamin B bisa membantu mengurangi sebagian dampak negatif polusi udara. Simpulan itu merupakan hasil penelitian terbaru yang dipimpin Jia Zhong dari Mailman School of Public Health di Columbia University.

Penelitian itu memperlihatkan vitamin B seperti folic acid, vitamin B6, dan vitamin B12 diduga memainkan peran penting dalam mengurangi dampak polusi udara pada jenis tertentu perubahan epigenetik yang disebut metil DNA yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, bahkan kanker.

"Penopang mekanis molekular mengenai dampak kesehatan akibat polusi udara tak sepenuhnya dipahami dan kurangnya pilihan pencegahan tingkat individu merupakan jurang pemisah pengetahuan yang sangat penting," kata Zhong.

"Studi kami memperlihatkan dampak epigenetik dari polusi udara dan menunjukkan bahwa vitamin B bisa digunakan sebagai pencegahan untuk melaksanakan peraturan guna meredam dampak polusi udara pada epigenom," katanya.

Studi itu, yang dilakukan bersama dengan peneliti dari T.H. Chan School of Public Health, Harvard, di Swedia, Tiongkok, Singapura, Meksiko, dan Kanada disiarkan secara online di jurnal AS Proceedings of The National Academy of Sciences pekan ini.

Para peneliti tersebut menyediakan satu pengganti atau suplemen vitamin B (2,5 miligram folic acid, 50 miligram vitamin B6, dan satu miligram vitamin B12) per hari untuk masing-masing dari 10 orang dewasa yang direkrut untuk percobaan itu. (*)

Tulis Komentar Anda