Tiga Destinasi Wisata Kulonprogo Maju Lomba Tingkat Provinsi

Obwis Goa Kebon dilihat dari sisi kiri atas nampak masih sangat alami. (Foto: Asrul Sani)

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Bermunculannya desa wisata di Kulonprogo saat ini harus diimbangi dengan upaya pengembangannya berdasarkan potensi lokal yang ada dan tidak bisa dibuat-buat tapi memang murni potensi wisata desa tersebut. Desa wisata merupakan rutinitas kegiatan warga sehari-hari berdasarakan pada kontinuitas desa wisata itu sendiri.

“Dari sisi industri harus ada suatu garansi kepastian. Artinya bagaimana operasional di desa wisata tersebut, ke depan seperti apa,” kata Bobby Ardiyanto Setyo Aji dari Asita DIY disela-sela penilaian lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Kebon di Desa Krembangan Kecamatan Panjatan, Waduk Sermo Desa Hargowilis Kecamatan Kokap dan Desa Wisata Pantai Congot Kecamatan Temon, Selasa (14/03/2017).

Pihaknya selalu menyampaikan ke semua potensi desa wisata untuk mengembangkan dan menggali semua potensi yang ada. “Tolong jangan melihat potensi dari luar daerah. Kembangkan dan explore semua destinasi yang ada di lingkungan kita,” ujarnya.

Tim penilai terdiri Ketua Ir Condroyono (penggiat wisata DIY), Bobby Ardiyanto Setyo Aji (Asita DIY), Herman Tony (Perhimpinan Hotel dan Restoran Indonesia/ PHRI DIY), Henry Brahmantya Pusat Studi Pariwisata Puspar UGM, Imam Widodo Himpunan Pramuwisata Indonesia HPI, Setiawan (Dinas Pariwisata DIY) serta perwakilan dari media Octo Lampito.

Lebih lanjut Boby mengungkapkan, Kulonprogo memiliki prospek yang sangat bagus. Namun melihat letak geografis desa wisata yang kebanyakan berada di wilayah dataran tinggi atau pegunungan maka standar safety atau tingkat keamanan bagi pengunjung harus diperhatikan.

Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kulonprogo Kuat Tri utomo mengamtakan, dari 20 pokdarwis yang ada di Kulonprogo pihaknya mengajukan tiga pokdarwis untuk mengiuti lomba Pokdarwis Tingkat DIY, yakni Pokdarwis Goa Kebon, Waduk Sermo dan Pantai Congot. “ Sesuai kriteria penilaian lomba tiga pokdarwis tersebut yang meempunyai keunggulan administrasi dan kegiatan dibanding pokdarwis lainnya,” ungkap Kuat. (*-32/Rul)

Tulis Komentar Anda