Destinasi Wisata Bermunculan di Purworejo

Pantai Payung Jetis, destinasi baru di Kecamatan Grabag. (Foto: Jarot S)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Destinasi wisata baru bermunculan di Kabupaten Purworejo. Masyarakat di sejumlah desa mulai melirik potensi wisata di daerahnya, membangun dan mencoba mempopulerkan di dunia maya.

Sejumlah desa juga mulai merintis jadi desa wisata. "Untuk tahun 2017 ini, muncul setidaknya empat desa, yakni Keburuhan Kecamatan Ngombol dan Patutrejo Grabag dengan pantainya, Jogoboyo Purwodadi kearifan lokal masyarakat muara Bogowonto dan Pamriyan Pituruh dengan bukit serta hutan wisata," terang Lilos Anggorowati, Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo, mewakili Plt Kepala Disparbud Drs Gandi Budi Supriyanto, kepada KRJOGJA.com, Selasa (14/3/2017).

 Kendati demikian, beberapa kelompok masyarakat juga aktif memanfaatkan potensi wisata di desanya. Mereka tersebar di desa-desa Kecamatan Bagelen, Kaligesing, Loano, Bener, Kemiri, Bruno, Pituruh, Purwodadi, Ngombol dan Grabag.

Kelompok masyarakat mencoba mengelola calon destinasi yang sebelumnya hanya puncak bukit, hutan atau aliran sungai. "Sebelumnya dianggap biasa saja, namun melihat fenomena unggahan foto di media sosial, mereka mulai melirik. Mereka sadar jika desanya memiliki spot foto yang bagus, akhirnya mencoba dikembangkan secara mandiri," tuturnya.

Pemerintah kabupaten mengapresiasi inisiatif masyarakat mengembangkan wisata di desa mereka. Pengembangan wisata, katanya, tidak bisa mengandalkan pemerintah karena ada keterbatasan anggaran. "Jadi adanya kemauan masyarakat akan kami dukung dan arahkan, bentuknya antara lain dengan program peningkatan kapasitas sumberdaya manusia,"paparnya.(Jas)

 

Tulis Komentar Anda