Kuliner Olahan Bebek Ini Nikmatnya Mantab

Menu masakan bebek goreng rempah paling diandalkan. (Foto: Sulistyanto)

SEIRING semaraknya jagat kuliner, lokasi kuliner dengan kekhasan tersendiri muncul di berbagai tempat. Satu di antaranya bahkan dijadikan satu dengan kebun manggis. Luasan kebun sekitar 800 meterpersegi. Beberapa bagian tanah yang masih kosong maupun di atas kolam dibuat gazebo, musola, dapur, ruang kasir serta toilet. Lokasi kuliner ini spesial dengan masakan bebek, namun tersedia juga olahan ayam dan lele. Adapun nama lokasi kulinernya Kandank Bebek Resto H Sarwidi terletak di kawasan Jalan Magelang Km 15 Tempel Sleman. Paling diandalkan masakannya, yakni bebek goreng rempah H Sarwidi dengan sambal pencit berbahan baku mangga muda.

Menurut salah satu pengelola lokasi kuliner setempat, Yunanti Nugraheni (Menik), tahun ini diharapkan buah manggis bisa berbuah maksimal, sehingga konsumen di resto boleh sekalian memetik sendiri manggis lalu ditimbang di kasir. “Kekhasan lain kuliner di sini selain banyak pohon manggisnya, kami juga siap mengolah berbagai jenis masakan bebek. Beberapa masakan jarang ditemukan seperti sayur jantung pisang juga ada di sini,” jelas Menik, baru-baru ini.

Istri dari Chaerul Wardana ini menambahkan, salah satu jenis masakan banyak dipesan konsumen setiap harinya, yakni bebek goreng rempah ditambah sambal pencit. Daging bebek sebelum digoreng dimasak dahulu memakai rempah-rempah khas Indonesia. Setelah digoreng tampilannya coklat tua dengan rasa campuran manis, gurih dan kental dengan rasa maupun aroma rempah-rempah. Sambel pencitnya, yaitu dikenal sebagai sambal khas Madura dengan bahan baku mangga muda. Sambal ini terasa segar, kental dengan rasa pedas serta agak asam.

Menu paket pun diminati konsumen, misalnya paket bebek executive, yakni berisi nasi, bebek goreng rempah (besar), tempe, lalapan dan sambal pencit. Paket bisnis, nasi bebek goreng rempah (kecil), tempe, lalapan serta sambal pencit. Ada lagi paket ayam terdiri dari nasi, ayam goreng, lalapan dan sambal. Paket lele ekonomis ada nasi, lele goreng, lalapan serta sambal. Menu regulernya terkait bebek, seperti bebek utuh, kepala bebek dan ati rempela bebek.

“Seumuran anak-anak yang merasa tidak habis jika memesan daging bebek, banyak yang senang masakan ati bebek,” tambahnya. (Yan)

Tulis Komentar Anda