Banyumas Punya Pramuka Urusan Sampah

Anggota Pramuka Saka Kalpataru jemput sampah. (Foto: Edi Ro)

BANYUMAS (KRjogja.com) - Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwartir Cabang (kwarcab) Pramuka Kabupaten Banyumas merupakan tim Pramuka Banyumas yang mengurusi sampah. Sejak awal Januari 2017, tim tersebut telah fokus melaksanakan aksi jemput sampah guna mendukung suksesnya program kebersihan kota Purwokerto. Kegiatan tersebut juga untuk mendukung program bank sampah sesuai Surat Edaran Bupati Banyumas tentang kewajiban mengumpulkan sampah anorganik bagi perangkat Pemkab Banyumas.

"Saka Kalapatu bentukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah mempunyai kecakapan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, termasuk mengelola sampah anorganik seperti kardus, plastik dan botol" kata Pamong Saka Kalpataru, Subarkah Setionegoro, Senin (13/3). Menurutnya, aksi kepedulian Saka Kalpataru dengan fokus jemput sampah di tempat tempat umum seperti Alun-alun Purwokerto, taman kota, dan tempat keramaian lainya.

Disebutkan, setiap malam minggu Saka Kalpataru bersama Duta Lingkungan melakukan edukasi dan jemput bola. "Adik-adik Pramuka memasuki area alun-alun dan lainnya, mengingatkan kepada pengunjung dan pedagang agar membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan,” kata Subarkah.

Ia mengakui Banyumas telah memperoleh Piala Adipura. Tetapi kenyataan di lapangan masih banyak warga yang belum peduli terhadap sampah, masih ada yang membuang sampah sembarangan di alun-alun, taman-taman kota dan tempat lainya, walupun sudah beberapa titik disediakan tempat sampah.“Saka Kalpataru ini dibentuk sebagai wujud kepedulian dari adik-adik pramuka terhadap lingkungan sekitar, terutama tempat orang berkerumun” ujarnya.

Saka Kalpataru juga turut membuat program yang nantinya akan menguntungkan bagi lingkungan sekitar. “Ada 3 program yang kita canangkan, yakni aksi jemput sampah, aksi cabut paku pada pohon dan aksi bersih-bersih sore” pungkas kakak pembina Saka Kalpataru, Subarkah.(Ero)

 

Tulis Komentar Anda