Mentan Minta Masyarakat Bantu Bulog

ilustrasi (Dok)

BOGOR, KRJOGJA.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman merasa puas dengan serapan gabah hasil panen saat ini yang naik setelah dirinya melakukan peninjauan langsung selama beberapa pekan di seluruh Pulau Jawa. 

Amran pun akan terus mendorong Perum Badan Urusan Logistik (Bolog) agar melakukan pembelian gabah sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yakni sebesar Rp3.700.

"Serapan gabah pada dua minggu lalu rata-rata hanya 2.000 ton per hari, dan kini meningkat mencapai 14.000 ton per hari," kata Amran, saat ditemui di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Sabtu (11/3/2017). 

Amran menambahkan, kegiatan serapan gabah hasil panen petani yang oleh Bulog sudah tidak ada masalah karena sudah mengalami peningkatan sekitar 700 persen dibandingkan sebelumnya. Menurutnya, kunjungan kerja yang ia lakukan ke berbagai daerah di Pulau Jawa beberapa waktu hari lalu, karena ada permasalahan yakni harga gabah yang di bawah standar. 
Hal itu karena adanya permasalahan di lapangan di yakni harga bawah HPP karena dampak curah hujan yang tinggi, panen bersamaan jumlah cukup besar, produksi meningkat dan stok baik. 

"Gudang Bulog di Pulau Jawa saat ini penuh menyimpan stok beras. Untuk itu, disepakati agar dapat menyewa gudang untuk dipakai Bulog guna menyimpan gabah hasil petani," jelasnya. (*)

Tulis Komentar Anda