Potensi Pariwisata DIY Terus Dikembangkan

Inge Setiawati (empat dari kanan) didampingi Saswito Tjoe (tiga dari kiri) memberi bingkisan kepada pegiat pariwisata di DIY

SLEMAN, KRJOGJA.com - Provinsi DIY telah menjadi salah satu destinasi wisata nasional yang terbukti banyaknya bermunculan desa wisata. Hal ini sejalan dengan komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk terus mengembangkan potensi pariwisata di Indonesia termasuk memberdayakan masyarakat sekitarnya.

"Memasuki HUT BCA ke-60, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta ini merupakan wujud kepedulian BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat daerah dan pesisir Yogyakarta dengan berupaya menumbuhkembangkan potensi pariwisata yang ada berdasar kepada prinsip geopariwisata yakni pelestarian alam dan pemanfaatan bagi masyarakat," kata General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati di sela seminar 60 desa wisata di Hotel Sahid Rich akhir pekan ini.

Inge menjelaskan seminar ini diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas pelayanan yang unggul kepada wisatawan. Sebab, Yogyakarta masih menjadi magnet tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Baca Juga

60 Guru SD Binaan Dibekali 'Ilmu Kekinian'

BCA Serahkan Beasiswa Bagi Mahasiswa UGM

BCA Bidik 80 Agen Laku Pandai Di Gunungkidul

"Pada tahun 2017 ini, Dinas Pariwisata DIY menargetkan 400.000 kunjungan wisatawan mancanegara, meningkat dari target tahun sebelumnya sebanyak 360.000 kunjungan. Karena itu Seminar 60 Desa Wisata ini diharapkan mampu berkontribusi memicu kreativitas peluang usaha bagi masyarakat lokal," ujarnya.

Inge berharap melalui seminar ini mampu memberikan ide varian baru dalam atraksi wisata, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pembangunan di tingkat desa yang berdampak memakmurkan masyarakat daerah. 


Kepala KCU Yogyakarta Saswito Tjoe selama ini kantor cabang mengusulkan beberapa desa wisata yang berpotensi kepada manajemen pusat untuk dikembangkan. Lalu, penilaian dan kebijakan selanjutnya diputuskan oleh manajemen pusat. Sampai saat ini tiga desa wisata binaan BCA telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, diantaranya Wirawisata Goa Pindul, Desa Wisata Pentingsari dan Desa Wisata Wukirsari.

"Kami terus mengusulkan desa wisata lain yang memungkinkan kehadiran kami (BCA) disana. Sejalan dengan itu, di cabang memberi dukungan tersedianya kredit investasi di seluruh sektor pariwisata," tandasnya. (Tom)

Tulis Komentar Anda