Anak Terkena Sinusitis, Begini Cara Perawatan di Rumah

Ilustrasi

JIKA anak di usia 5 sampai 10 tahun mengalami sinusitis tentu akan membuat aktivitasnya terganggu. Karenanya,  orangtua sebagai penjaga nomor satu sebisa mungkin di rumah melakukan serangkaian penanganan awal agar sinusitis pada anak tak semakin parah.

Untuk penanganannya sendiri, dokter spesialis paru untuk anak, Dr. Irene Melinda Louis, SpA dalam sebuah talkshow bertajuk “Embrace the Joy of Motherhood” yang diselenggarakan di RSIA Grand Family, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (11/3/2017), memaparkan bagaimana melakukannya.

Pertama

Sebenarnya sinus bisa hilang dengan sendirinya, namun tetap perlu dukungan dari orang yang merawatnya dalam hal ini adalah orangtua.

“Sebagai penjaga nomor satu, orangtua harus selalu menjaga kebersihan rongga hidung sehingga tidak terjadi penumpukan sekret. Ini dilakukan dengan menggunakan cairan nasal saline yang dapat berupa nasal drop atau nasal spray. Pemberian nasal saline bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan anak, semakin kental sekret semakin sering pula kita menganjurkan orang tua untuk melakukan pemberian nasal saline.”

Kedua

Untuk yang hanya sinusitis alergi, anak bisa diberikan antihistamin yang mana harus disesuaikan dengan anjuran dokter kepercayaan. (*)

Tulis Komentar Anda