Waspada, Sinusitis pada Anak Bisa Sampai Peradangan Otak

Foto: Okezone

JANGAN salah, tak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak dari usia 5 tahun juga bisa terkena penyakit yang diakibatkan oleh adanya virus, bakteri dan jamur dari influenza yang tak kunjung sembuh ini.

Sebelum hal tersebut terjadi, atau Anda merasa anak Anda mulai terlihat tanda mengalami sinusitis tersebut, kenali dulu dua jenis sinusitis yang dijelaskan oleh dokter spesialis paru untuk anak, Dr. Irene Melinda Louis, SpA dalam sebuah talkshow bertajuk “Embrace the Joy of Motherhood” yang diselenggarakan MNI Global di RSIA Grand Family, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (11/3/2017).

“Ada dua jenis sinusitis pada anak, yakni rinosinusitis ringan dan rinosinusitis berat. Untuk yang ringan, tidak berbahaya tapi bisa mengganggu kualitas hidup anak,” tegasnya.

Ada pun yang akan dialami anak jika terkena sinusitis ringan ini adalah pernafasan anak menjadi sulit, pola tidur terganggu dan nafsu makan menurun.

“Hal ini akhirnya juga berdampak pada aktifitas mereka (anak-anak yang mengalami sinusitis) keseharian, sinusitis juga bisa membuat anak mual dan muntah-muntah yang mengakibatkan mereka tidak nafsu makan,” tandas Dr Irene kemudian.

Sedangkan yang parah, rinosinusitis berat, penderita bisa sampai mengalami meningitis atau radang otak. “Tapi ini jarang terjadi, karenanya begitu ada tanda flu yang tak kunjung sembuh segera bawa anak untuk diperiksakan,” pungkasnya. (*)

Tulis Komentar Anda