Jogja Festivals, Misi Besar Jadikan Yogyakarta Kota Festival Dunia

15 festival penggagas Jogja Festivals saat meresmikan diri. (Foto: Harminanto)

YOGYA (KRjogja.com) - 15 festival yang selama ini jadi andalan DIY Kamis (9/3/2017) akhirnya memastikan untuk bergabung dalam sebuah platform yang diberinama Jogja Festivals. Bertempat di Gaia Cosmo Hotel, platform yang berbentuk organisasi lengkap dengan website online www.jogjafestivals.com ini memiliki tujuan menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu kota festival andalan Indonesia yang dikenal dunia.

ARTJOG, Asia Tri Festival, Bedog Art Festival, Biennale Yogyakarta, Cellsbutton Yogyakarta New Media Art Fest, Festival Film Dokumenter, Festival Musik Tembi, Jogja Blues Explosion, Jogja Festival Layang-Layang Nasional, Jogja NETPAC Asia Film Festival, Kustomfest, Ngayogjazz, Pesta Boneka, Yogyakarta Contemporary Music Fest dan Yogyakarta Gamelan Festival berhimpun dengan satu tujuan memperkenalkan Yogyakarta sebagai salah satu kota festival dunia. Heri Pemad, Direktur Jogja Festivals mengatakan platform ini sudah digagas sejak dua tahun lalu setelah adanya lokakarya bersama antar seniman dan kreator di DIY.

"Kami godog dua tahun dan akhirnya menetaslah Jogja Festivals yang digagas bersama oleh 15 festival yang sudah ada di DIY. Kami punya tujuan besar membranding Yogyakarta sebagai salah satu kota festival andalan Indonesia yang dikenal luas dunia," ungkapnya.

Tak hanya itu, Pemad juga berharap Jogja Festivals mampu mewadahi seluruh event yang ada di DIY terutama dalam manajemen dan kesiapan menyambut wisatawan dari berbagai wilayah. "Agenda semakin jelas, wisatawan bisa semakin mudah mencari tahu dan merencanakan datang ke Yogyakarta, hal ini juga jadi salah satu tujuan besar kami bergabung di Jogja Festivals," imbuhnya.

Direktur Pelaksana Jogja Festivals, Dinda Intan Pramesthi Putri melihat potensi besar Yogyakarta untuk menjadi sebuah kota festival dunia termasuk membangun ekosistem di sekitar festival. Dinda yang juga sempat menimba ilmu di satu kota festival dunia, Edinburgh Skotlandia mengungkap telah memiliki peta besar yang akan direalisasikan dalam perjalanan Jogja Festivals kedepan.

"Pertama kami ingin benahi manajemen 15 festival yang sudah bergabung bersama di Jogja Festivals sebagai penguatan ke dalam, bagaimana kami siap menyambut wisatawan dari seluruh belahan dunia. Kami berusaha memastikan wisatawan yang datang ke Yogyakarta tidak tersesat dan kebingungan dan kami harap sembari berjalan festival lain di DIY bergabung sehingga semakin tegas Yogya sebagai kota festival," ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik menyambut baik adanya platform Jogja Festivals yang sementara dirasa menjadi satu-satunya di Indonesia yang berpotensi berkembang besar. "Yogya punya potensi festival yang siap untuk internasional, kami lihat itu di Yogya yang memang bisa jadi salah satu kota festival dunia. Bekraf siap bekerjasama dengan pemerintah daerah Yogyakarta untuk mewujudkan Yogya Kota Festival dunia," jelasnya. (Fxh)

 

Tulis Komentar Anda