Pipa Pertamina Bocor, Tumpahan Premium Jadi Rebutan Warga

Masyarakat panen BBM dari kebocoran pipa Pertamina. (Foto : Rahmat Maksum Noor)

CILACAP (KRjogja.com) - Semburatan minyak BBM jenis premium muncul dari lahan kosong milik PT KAI dekat rel KA Bandung Yogya di wilayah Dusun Cikaronjo RT.01/RW.09 Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Senin (06/03/2017). Diduga semburan minyak itu berasal dari jaringan pipa distribusi Cilacap - Bandung milik Pertamina, atau tepatnya pada KM 6400 yang mengalami kebocoran.

Warga setempat yang mengetahui semburan minyak itu merupakan BBM jenis Premium, maka mereka beramai-ramai menjarah tumpahan minyak tersebut. "Saat itu saya sedang jaga pintu perlintasan KA lalu melihat dari tanah kosong milik PT KAI yang di bawahnya terdapat  jalur pipa Pertamina mengeluarkan (Premium)," ujar Sukman (55) penjaga perlintasa KA Dusun Cikaronjo.

Kemudian kejadian itu dilaporkan ke prangkat desa setempat yang selanjutnya diteruskan Polsek Wanareja. Laporan itupun diteruskan kepada pihak Pertmina untuk segera dilakukan penyetopan pompa distribusi pipa. "Kami telah memasang garis polisi dan  juga mengimbau warga untuk segera meninggalkan lokasi kejadian," ujar Kapolres Cilacap, AKBP Yudo Hermanto melalui Kapolsek Wanareja AKP Muji Ali.

Tim LK3 Pertamina sudah ditirunkan untuk melakukan penggalihan. Hingga kini belum diketahui penyeban kebocoran pipa tersebut. (Mak)

Tulis Komentar Anda