Operasi Simpatik, Polres Purbalingga 'Wayangan' di Jalan

Wayang lalu-lintas di Purbalingga. (Foto: Toto Rus)

PURBALINGGA (KRjogja.com) - Satlantas Polres Purbalingga terus melakukan inovasi dalam upaya mendorong masyarakat tertib berlalu lintas. Setelah menggelar Dikmas On The Truck, kali ini Satlantas menampilkan wayang lalu lintas khas Polres Purbalingga di simpang empat Taman Usman Janatin, Senin (6/3).

"Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Operasi Simpatik Candi 2017," tutur Kasatlantas AKP Sukarwan, disela-sela kegiatan, Senin pagi (6/3).

Berlokasi di perempatan Taman Usman Janatin, Anggota Satlantas Brigadir Teguh Riyanto memainkan wayangnya menghimbau pengendara sepeda motor yang melintas agar bersikap tertib berlalu lintas.

Selain menampilkan wayang lalu lintas, sejumlah petugas juga membagikan buku tulis kepada anak yang membonceng kendaraan lengkap menggunakan helm. Petugas juga memberikan helm gratis bagi anak yang kedapatan tidak memakai helm.

"Kami membagikan helm dan buku agar anak-anak lebih dini memahami tata cara berlalu lintas yang baik. Dengan pendekatan kepada anak-anak juga diharapkan dapat menghilangkan rasa takut dengan Polisi," ujar Sukarwan.

Melalui media wayang lalu lintas akan menarik masyarakat untuk mendengarkan himbauan yang disampaikan. Dengan kegiatan itu, diharapkan masyarakat mengetahui bahwa masih berlangsung Operasi Simpatik.

Sepanjang pelaksanaan Operasi Simpatik 2017, lanjut Sukarwan, petugas mengedepankan upaya preemtif dan preventif dengan memberi teguran simpatik kepada pelanggar. Penindakan hanya pada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Sukarwan mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati saat berkendara. Sebelum berkendara agar cek kelengkapan kendaraan termasuk surat untuk menciptakan kamseltibcar lantas. (Rus)

Tulis Komentar Anda