Struktur Ekonomi Indonesia, Sosialisme Terbalik

Rizal Ramli. (Foto : Fadmi Sustiwi)

AMBON (KRjogja.com) - Saat ini banyak pakar ekonomi yang tidak mencoba melihat struktur ekonomi Indonesia. Sehingga akar masalah tidak terjawab. Padahal struktur ekonomi Indonesia saat ini bagaikan gelas anggur. Struktur di bagian atasnya banyak pengusaha besar yang tidak efisien, namun terus dibantu untuk lebih menjadi besar. Sedangkan bagian bawah yang kecil merupakan pengusaha menengah dan pengusaha kecil.

Penilaian tersebut dikemukakan ekonom Rizal Ramli dalam Seminar Tanwir Muhammadiyah di Islamic Center Ambon, Sabtu (25/02/2017). “Kondisi yang demikian itulah yang disebut dengan sosialisme yang terbalik. Dan sosisalisme yang terbalik menjadi sumber ketidakadilan sosial,” papar mantan Menko Bidang Kemaritiman tersebut.

Rizal menyesalkan, kebijakan penting di negara kita sudah banyak dibeli oleh pengusaha besar. Yang  berada di atas, menguasai segalanya. Ada sekitar 40 juta usaha kecil rumah tangga yang masih kesulitan beroperasi dan keuntungannya sedikit sekali.

“Selama struktur ekonomi di Indonesia masih masih seperti ini,  jangan bermimpi tentang keadilan dan kedaulatan ekonomi kerakyatan,” tambahnya.

Rizal Ramli juga menjelaskan apabila kita ingin menjadi negara berdaulat ekonomi dan sosial, strukturnya harus berubah. “Inilah tugas besar bagi Muhammadiyah dan NU. Struktur gelas anggur harus menjadi struktur piramida,” jelasnya. (Fsy)

Tulis Komentar Anda