60 Guru SD Binaan Dibekali 'Ilmu Kekinian'

Suasana pelatihan dan pembekalan bagi 60 guru SD

SLEMAN (KRjogja.com) - Tantangan dunia pendidikan semakin beragam sejalan dengan perkembangan teknologi. Para pendidik dituntut mengembangkan kemampuannya dalam mengajar siswa sekolah dasar (SD) guna membentuk karakter siswa sekaligus mengantisipasi dampak negatif teknologi informasi.

Demikian dikatakan Vice President Pengembangan Solusi CSR BCA Sapto Rachmadi di sela pembekalan dan pelatihan bagi 60 guru SD binaan perseroan di Griya Persada, Jumat (24/02/2017). Para guru itu berasal dari Serang, Gadingrejo, Kabupaten Gunungkidul dan Lampung dengan bimbingan Master's Hand.
 
Menurut Sapto Rachmadi melalui pelatihan ini para guru diharapkan bisa mengatasi antangan pendidikan abad 21, bagaimana menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sesuai dengan tantangan pendidikan abad ini. Hal ini agar pelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami oleh siswa. Selain itu, ingin menumbuhkan kesadaran guru untuk meningkatkan kualitas dalam bekerja karena guru menjadi role model dalam berpikir, berkata dan berperilaku positif.

"Memasuki HUT BCA ke-60, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Pelatihan Pengembangan Kompetensi Guru ini merupakan wujud kepedulian BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada tenaga pengajar untuk tingkat pendidikan sekolah dasar," ungkap Sapto.

Sapto menambahkan Tim Master’s Hand akan menyampaikan materi mengenai membangun kebiasaan berpikir benar, berkata benar dan bertindak benar serta eksplorasi kegiatan mengajar dengan prinsip aktif, kreatif dan menyenangkan.  "Selama 2 hari pelatihan peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi tentang materi dan kegiatan mengajar serta melakukan microteaching per kelompok."

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Sudya Marsita memberi apresiasi kepada BCA sejak tahun 2002 aktif mendukung pendidikan di daerah. Selain itu, berharap kepada peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan menularkan pengalaman ini kepada rekan lainnya. (*)

Tulis Komentar Anda