Erasmus Huis Mempersembahkan Nishant Bhola World of Dance

Erasmus Huis mempersembahkan Nishant Bhola World of Dance. (Foto : sStimewa)

WORLD of Dance, sebuah kelompok tari muda akan menampilkan produksi tari inovatif yang berfokus pada identitas manusia yang hidup dalam keanekaragaman budaya. Tari adalah bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan, dengan kekuatan untuk mengekspresikan segala sesuatu yang tidak dapat diekspresikan secara verbal.

Koreografi karya Nishant Bhola didasari oleh tema-tema yang terkait dengan kehidupan sebagai perorangan atau dalam keanekaragaman budaya. Nishant Bhola mempunyai beragam latar belakang sebagai penari, guru, koreografer dan imigran. Ia dibesarkan di India, di mana ia tinggal dan kemudian bekerja selama 18 tahun sebelum ia datang ke Belanda lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Nishant berasal dari India yang sedang berkembang modern, di mana proses, iklim politik dan masyarakat berubah secara drastic dalam 30 tahun terakhir. Pengalaman pribadinya sebagai manusia yang hidup dalam berbagai budaya menentukan visi artistiknya. Pengalaman pribadinya sebagai imigran India yang kini telah berintegrasi dengan masyarakat Belanda menjadi sumber inspirasi yang kaya.

Saudade (Solo)

Saudade berkisah tentang pengalaman-pengalaman pertama seorang imigran muda di Belanda. Di samping kekagumannya melihat salju untuk pertama kali, belajar bahasa baru dan hidup berpindah-pindah dengan menenteng koper. Saudade memperlihatkan perjuangan batin seorang imigran tentang rindu kampung halaman, kesepian dan kemiskinan. Saudade adalah sebuah kisah yang setiap individu yang sedang mencari rumah baru karena ambisi, terkadang cinta dan terkadang terpaksa karena perang.

Koreografi Nishant Bhola bekerja sama dengan para penari; Penari: Lili Kok; Musik: Hans Timmermans.

Cyclic (Trio)

Cyclic (Perputaran) adalah sebuah pertunjukan tari dalam ruang antara dua dunia. Tarian ini berfokus pada konflik budaya dalam diri seseorang, seorang imigran yang berjuang dengan isu universal. Bagaimana kerukunan dan perselisihan bisa muncul bersamaan? Apakah kehidupan ini lurus saja atau berputar? Apa artinya kehilangan kendali? Pertanyaan-pertanyaan ini sangat relevan dalam masyarakat modern. Elemen India dan Belanda mempunyai peran penting. Prinsip-prinsip dasar dalam mitologi India dan Barat menekankan ‘Cyclic’ sebagai subyektif versus obyektif, emosi versus logika, pribadi versus universal dan mitos versus ilmu pengetahuan. Semua ini diterjemahkan dalam sebuah pertunjukan di mana bahasa tari, dekor video menciptakan dunia sendiri. Bhola mempunyai bahasa tari hibrida yang lintas budaya, yang ditandai oleh gerakan organik dan energetik, oleh gerakan isyarat dan bahasa tubuh yang murni.

Koreografi: Nishant Bhola bekerja sama dengan para penari; Penari: Lili kok, Jens Slootmans, Wies Berkhout; Musik: Beragam artis ; Kostum: Josje Salfischberger.

Credits: Direktur Artistik: Nishant Bhola; Pimpinan Bisnia: Madelon De Meijer; Produksi: Laura van Sonsbeek ; Fotografi dan Desain Grafis: Noortje van Gestel ; Dewan Direktur: Joep Hamacher, Aukje van Gestel, Jacques van Meel.

Pada acara ini penari United Dance Works dari Indonesia akan menampilkan 2 koreografi, satu tarian solo dan satu tarian oleh beberapa penari. Selain di Jakarta World of Dance akan pentas di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung pada 20 Februari 2017 pukul 19.30 dan di Taman Budaya Yogyakarta pada 22 Februari 2017 pukul 19.30. (*)

Tulis Komentar Anda