MENIKMATI KULINER KHAS MALUKU

Lezatnya Rujak Natsepa dan Ikan Asap Tusuk Bambu

Pisang cocol sambal, khas Ambon. (Foto: Octo Lampito)

MAKANAN khas Ambon bukan hanya bubur pepeda yang gurih. Bubur yang dibuat berbahan sagu ini, memang seperti lem. Tetapi sangat enak, jika dimakan bersama suwiran ikan pepeda. Atau bisa diganti dengan ikan tongkol yang sudah diasap.

Menikmati kuliner di Ambon, ternyata cukup banyak yang bisa disantap dan khas. Rujak Natsepa misalnya, adalah salah satu rujak yang penggemarnya banyak dari luar Ambon. Bahan baku rujak seperti di Yogya, mislanya bengkoang, pepaya, belimbing, pala ditambah sedikit irisan ubi mentah yang kalau disantap berbunyi kriuk kriuk.

Namun sambalnya yang berbeda. Yakni kacang tanah yang digoreng, gula merah, garam, pala, cabe diaduk diulek. Rasa gula merah Ambon juga khas itulah yang membuat rujak ini berbeda dengan yang di Yogya. Rujak ini bisa dinikmati di sepanjang  pantai Natsepa, di antara angin sepoi-sepoi.

Menikmati sepanjang pantai teluk Ambon, kurang lengkap jika tidak disertai cemilan khas. Yakni pisang kepok goreng yang makannya sambil dicocol sambal, atau sukun goreng hangat. Duduk dipinggir pantai, melihat kilauan matahari tenggelam, desiran angin lembut sambil menikmati cemilan khas tersebut menjadi pas.

Kalau suatu hari menjumpai semacam urap, nah di Ambon namanya Kohu-kohu. Terdiri dari irisan sayuran seperti tauge, mentimun, kacang panjang, daun kemangi. Lalu dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui bawang merah dan poutih, cabe dan perasan jeruk nipis. Yang membeadakan dengan urap, diantaranya Kohu-kohu ada suwiran ikan cakalang atau tongkol. Ini yang menambah di lidah serasa rasa yang beda.

Lalu ada nasi Lapola. Tak beda nasi biasa, hanya Lapola dimasak dengan kacang tolo rebus dan garam. Dibungkus khusus, plus sambal Colo-colo yang spesifik, dilengkapi dengan perasan jeruk nipis akan melangkapi kenikmatan nasi unik ini. Ditanggung bisa habis banyak.

Sebagai kota dikelilingi pantai, Ambon penghasil ikan laut yang diandalkan. Karenanya masakan dan jenis ikan yang disajikan di rumah makan di wilayah tersebut tentu segar sangat bervariasi. Diantaranya adalah ikan Komu Asar. Yakni ikan cakalan, tongkol atau pepeda yang distusuk pakai bambu, kemudian diasap. Nah, dimakan sambil menikmati bumbu colo-colo atau bubur sagu, menjadi masakan yang harus dimakan di negeri tersebut.

Nah, siaplah goyang lidah di Ambon  Manise!

Tulis Komentar Anda