Tidak Benar RSUD Wirosaban Tak Dukung Pilwali/Wawali Yogya

Ilustrasi. (Foto: Doc)

YOGYA (KRjogja.com) - RSUD Kota Yogyakarta (RSUD Wirosaban) sangat mendukung Pilwali/Wawali Kota Yogyakarta, dan untuk memfasilitasi pasien yang sedang menjalani perawatan maka bagian Hukum dan Pelayanan Pelanggan berkoordinasi dengan KPPS wilayah Sorosutan. Pihak RSUD memberikan klarifikasi pemberitaan di salah satu media, Kamis (16/2/2017) yang berjudul “Opname, Tidak Bisa Nyoblos”.

“Dalam PKP nomor 26 tahun 2013 dijelaskan dalam hal pemilih dalam keadaan tertentu seperti pasien yang opname di rumah sakit, maka harus mengurus A5 di wilayahnya masing-masing maksimal H-3 untuk dapat memberikan suaranya di TPS terdekat rumah sakit bila memungkinkan (atau petugas TPS akan mendatangi RS),” papar Ka Subbag Hukum dan Pelayanan Pelanggan (HKPP) RSUD Kota Yogyakarta, Pansunu Perwitasari dalam klarifikasi yang diterima KRjogja.com, Jumat (17/2/2017) malam.

Disebutkan pihak RSUD melakukan pendataan pasien pada hari Jumat dan Sabtu (10-11/2/2017) dan telah mensosialisasikan kepada pasien dan keluarga yang menunggu terkait untuk bisa memberikan hak pilihnya dalam pilwali. “Ada 25 orang warga kota yang rawat inap (data hari Sabtu), dan saat kami melakukan pendataan ulang pada hari Senin (13/2/2017) tinggal 5 pasien yang rawat inap,” jelasnya.

Untuk pasien yang masuk hari senin dan selasa (13-14/2/2017) secara otomatis hak untuk dapat menyalurkan suaranya gugur. Sehingga pasien atas nama Bpk Suwardi yang masuk rawat inap Senin (13/2/2017) otomatis gugur hak untuk dapat menyalurkan suaranya. “Beberapa pasien membawa C6 (undangan) tapi tidak disertai dengan A5, dan tetap dinyatakan gugur,” tegasnya.

Ka Subbag HKPP RSUD, Pansunu Perwitasari pada Rabu (15/2/2017) juga menerima kedatangan KPPS wilayah Sorosutan di rumah sakit pada pukul 10.00 WIB untuk memfasilitasi pasien dan penunggu yang sudah memiliki A5 dari wilayahnya agar dapat memberikan suaranya. Akan tetapi tidak ada pasien yang ber KTP kota melengkapi persyaratan tersebut.  (*-2)

Tulis Komentar Anda