Pemain Ini Dicap Sebagai Produk Gagal

Ilustrasi

LAYAKNYA olahraga lain, sepakbola juga selalu menghadirkan talenta-talenta baru di setiap eranya. Figur-figur seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar Junior, Wayne Rooney hingga Paul Pogba menjadi beberapa nama yang sukses menjadi pemain hebat sejak masih berusia sangat muda.

Meski begitu bukan berarti hampir seluruh pemain muda mampu menjalankan karier profesionalnya dengan sempurna. Ada beberapa nama pemain muda yang justru layu sebelum berkembang menjadi pemain ternama di dunia.

Yang pertama adalah Adriano Leite Riberio. Bermain sangat impresif bersama AC Parma, Adriano lalu diboyong oleh Inter Milan sebagai ujung tombak mereka. Sempat tampil ganas di awal-awal kehadirannya di Stadio Giuseppe Meazza, Adriano justru mengalami penurunan performa.

Akrabnya Adriano dengan dunia malam serta masalah indisipliner semakin membuat karier Adriano kian tak menentu bersama Inter. Hingga akhirnya manajemen Inter melepasnya secara gratis ke salah satu peserta Liga Brasil, yakni Flamengo, pada 2009 lalu.

Nama kedua yang sempat berstatus calon pemain masa depan tapi gagal berkembang adalah Francis Jeffers. Disebut-sebut sebagai calon penyerang terbaik Inggris, Jeffers justru gagal total ketika berkarier di Arsenal. Hingga kini Jeffers masih disebut-sebut sebagai pembelian terburuk yang pernah dilakukan oleh Arsene Wenger.

Selain Jeffers, terdapat juga nama Freddy Adu. Namanya mencuat ke permukaan setelah bermain hebat bersama DC United ketika masih berusia 15 tahun. Dengan kemampuannya itu, Adu diklaim sebagai titisan dari legenda Brasil, Pele.

Namun seiring berjalannya waktu, karier Adu nyatanya tidak mengalami peningkatan signifikan. Meski sempat dipercaya bermain di salah satu klub Liga Portugal, Benfica, Adu tetap tak menampilkan performa hebat. Kini, Adu pun berkarier di salah satu klub divisi terbawah Liga Amerika Serikat, Tampa Bay Rowdies. (*)

Tulis Komentar Anda