Dua Rumah Warga Sanggang Terdampak Tanah Longsor

Ilustrasi

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Dua rumah warga di Desa Sanggang Kecamatan Bulu terdampak tanah longsor. Retakan tanah membuat kondisi rumah rawan roboh. 

Kepala Desa Sanggang Kecamatan Bulu Supangat, Jumat (17/2) mengatakan, rumah terdampak tanah longsor tersebut yakni milik Mardi Warga Dukuh Tileng dan Semo warga Dukuh Tawing. Tanah longsor terjadi pada Selasa (14/2) setelah turun hujan deras sejak beberapa hari. Tanah longsor juga membuat akses jalan antardukuh di Desa Sanggang Kecamatan Bulu tertutup. Warga terpaksa memutar arah untuk melintas dari satu ke dukuh lainnya.

Tanah longsor berdampak dengan munculnya retakan tanah memanjang di dalam rumah kedua warga. Pihak desa meminta kepada pemilik rumah untuk mengungsi ke tempat aman. Mardi dan Semo sekarang tinggal di rumah saudaranya.

Untuk mengamankan rumah terdampak tanah longsor maka warga melakukan kerja bakti bersama. Hal tersebut dilakukan agar rumah tidak semakin parah kondisinya dan rawan roboh. “Harapannya tidak turun hujan deras lagi. Apabila hujan maka rawan terjadi longsor susulan,” ujarnya.

Kerja bakti juga dilakukan pihak desa dan warga setempat membersihkan jalan dari longsoran tanah. Harapannya agar jalan bisa dilalui masyarakat. “Jalan hanya bisa dilalui sepeda motor dan pejalan kaki saja. Sedangkan untuk mobil belum bisa karena masih ada sisa longsoran tanah,” lanjutnya. (Mam)

Tulis Komentar Anda