Kesdam IV Bantu Korban Banjir Brebes

Prajurit Kodim 713 Brebes dan Kesdam IV Diponegoro membantu warga Desa Waru untuk mengungsi dari perkampungannya yang tergenang banjir. (Foto: Chandra AN)

BREBES (KRJogja.Com) - Kesehatan Kodam (Kesdam) IV Diponegoro, Jumat (17/2/2017) memberikan dukungan bantuan medis penanganan korban banjir di Kabupaten Brebes. Bantuan berupa personil medis dari Rumah Sakit Tentara (RST) Tingkat IV Pagongan Tegal didukung armada ambulan berikut perangkat penanganan medis.

Bencana banjir yang melanda 12 wilayah desa di Kabupaten Brebes sejak Rabu (15/2/2017) dipicu jebolnya tanggul sungai Pemali di Desa Waru dan Desa Lengkong. Banjir juga terjadi di 4 Kecamatan antara lain Brebes, Losari, Wanasari dan Banjarharjo. Ketinggian air di Desa Terlangu mencapai 60-70 cm, Desa Lengkong 70-80 cm dan Desa Waru sendiri yang terparah mencapai 80-100 cm. Air luapan sungai saat ini mulai memasuki pemukiman penduduk di Desa Wangandalem dan Desa Padasugih dan, sehingga warga terpaksa diungsikan di daerah yang aman dari genangan. Banjir juga mengenangi ratusan sawah milik warga hingga menyebabkan mereka gagal panen bawang.

Hingga kini tim gabungan dari Kodim 0713 Brebes, BPBD, Polres Brebes dan Yonkav 2 Turangga Ceta Ambarawa, SAR, Satpol PP dan unsur lainnya terus mengevakuasi warga ketempat pengungsian. Beberapa tenda darurat juga telah didirikan bantuan dari PMI Brebes dan Dinkes Brebes.

Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono menyatakan bantuan tim kesehatan dari Kesdam IV Diponegoro telah berada di lokasi banjir dan tengah bekerja membantu warga agar tidak terganggu kesehatannya. Sasaran utama penanganan adalah terhadap anak-anak dan manula yang terdampak banjir. Mereka diperiksa kesehatannya dan diberi vitamin agar tidak mudah terkena penyakit.

"Ada 200 personil gabungan TNI dan Polri serta lainnya yang kini diterjunkan dan telah berkoordinasi. Mereka ada di titik lokasi banjir dan penampungan. Selain ada yang mengevakuasi, ada pula yang bertugas mengamankan aset mereka supata terjamin keamanannya sewaktu ditinggalkan mengungsi", ungkap Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono.

Keberadaan Tim Medis Kesdam IV Diponegoro di Brebes menurut Kapendam IV Diponegoro atas perintah Pangdam IV Diponegoro agar prajuritnya bisa sesegera mungkin membantu masyarakat menangani kesulitan akibat dampak bencana.(Cha) 

Tulis Komentar Anda