Nilai Tertinggi, USD Raih Akreditasi A

Rektor USD Drs Johanes Eka Priyatma MSc Phd menandatangani berita acara. (Foto : Juvintarto)

YOGYA (KRjogja.com) - Penyerahan Sertifikat dan SK Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Universitas Sanata Dharma (USD) dilaksanakan di Kampus 2 USD, Mrican CC Depok, Sleman, Selasa (31/01/2017). USD memperoleh Akreditasi A dengan nilai tertinggi selama ini mencapai 373.

Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Kemenristek‎ Dikti Dr Totok Prasetyo MEng MT yang menyerahkan langsung SK dan Piagam serta menjadi ‎narasumber dalam diskusi  "Arah dan Peluang Pengembangan Universitas dengan Peringkat Akreditasi A", memberikan apresiasi pada USD yang telah memenuhi syarat-syarat kualifikasi PT berkualitas dan siap menuju World Class.

"Dari target 53 Perguruan Tinggi yang terakreditasi A tahun ini, USD adalah yang ke-49 terakreditasi A dari 52 PT yang memperoleh akreditasi. "Banyak penilaian untuk akreditasi A diantaranya rasio mahasiswa, dosen, rasio kelulusan, reputasi dosen, jurnal ilmiah, gaji dan lainnya," ujarnya.

‎Rektor USD Drs Johanes Eka Priyatma MSc Phd menyatakan keberhasilan ‎meraih Nilai A, artinya pemerintah mengakui USD merupakan Perguruan Tinggi Unggulan dalam tata kelola, Tri Dharma, unggul dalam penyediaan SDM, jumlah dosen, kualitas, kinerja, fasilitas, jumlah penelitian, manajemen PT. "Kita akan terus meningkatkan kualitas menuju World Class yang mampu bersaing di era globalisasi," ujarnya.

Lebih lanjut Totok menyebutkan dari sekitar 27.000 an program studi (prodi) di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia baru 18.900 prodi yang terakreditasi dari C hingga A. Sebanyak 5.000 prodi akreditasi sudah kadaluarsa, 1.000 an prodi mengajukan akreditasi.

Akreditasi untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan tinggi harus selalu diperbaiki, jika tidak terakreditasi bisa tutup. "Sampai dengan 2015 September ada 243 PT non akreditasi, 118 ditutup, sisanya diberikan nafas karena masih punya mahasiswa dan harus diperbaiki agar tidak ditutup," papar. (*-2)

Tulis Komentar Anda