Mau Belajar Memancing?, Ke Situ Elok Pernasidi Saja

Suasana di Situ Elok Pernasidi (Edi Romadhon)

TELAGA atau Situ (bhs Jawa) di jalur transportasi jalan nasional Bumiayu - Purwokerto, tepatnya di pinggir utara Jalan Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok, Banyumas, kini menjadi lokasi wisata baru bagi warga. Sebelumnya orang mengenalnya sebagai Situ Pernasidi. Sekarang telaga asri tersebut ditetapkan melalui rembug desa dengan nama Situ Elok Desa Pernasidi. 

Dari dulu, danau mini alami hanya sebagai tempat memancing siapapun secara bebas. Sejak dibenahi sebagai Situ Elok pertengahan tahun 2016 lalu, danau kecil itu telah disulap jadi tempat wisata keluarga yang nyaman. 

"Kini kami kasih fasilitas yang menyenangkan bagi keluarga yang datang ke sini. Belajar memancing, kami siapkan keramba dan alat pancing beserta umpannya. Mau keliling telaga, kami sediakan sepeda/bebek air. Mau foto-foto selfie, kami sediakan area khusus foto-foto mejeng diri" kata Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pernasidi, Sunarto, Rabu (25/01/2017).  

Sunarto menjelaskan memancing di keramba,dikhususkan bagi pengunjung yang ingin belajar memancing. Sebab, lebih mudah dibanding di air telaga bebas karena keramba sudah dimasukkan ikan-ikan terlebih dahulu secara penuh. "Kalau di air bebas telaga kan ikannya ikan liar, masih bebas bergerak seluas Situ. Belajar memancing, kami punya tutor/pelatih yang siap membantu para pemancing baru" katanya.

Bagi anak-anak TK, SD yang ingin ikut memancing juga cukup aman dan pengunjung hanya perlu membayar Rp 30 ribu saja/orang. Hasil tangkapan, ikan bisa langsung digoreng di kafe-kafe pinggir danau yang telah disediakan. (Ero)

 

 

 

Tulis Komentar Anda