Investasi Jepang di Indonesia Capai Rp 4,4 M

Ilustrasi. (Foto : Dok)

JAKARTA (KRjogja.com) - Di tengah pertumbuhan ekonomi global yang belum membaik, investasi Jepang di Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan. Hal tersebut membuat Jepang jadi mitra strategis Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengatakan hal tersebut seusai pertemuan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Istana Bogor, Minggu (15/01/2017). Menurutnya, investasi Jepang di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat dalam periode 2015-2016.

"Kami telah mencatat peningkatan investasi Jepang yang signifikan. Dari Januari-September 2016, investasi Jepang di Indonesia telah mencapai 4,498 miliar dollar dan angka itu meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2015," katanya.

Dia mengatakan, kedua belah pihak sepakat untuk mengupayakan peningkatan kerja sama. Namun Jokowi memberikan catatan, kerja sama tersebut harus disertai prinsip saling menguntungkan.

Menurutnya, kunjungan PM Abe merupakan kunjungan pemimpin asing pertama di Indonesia tahun 2017. Hal itu dimaknainya sebagai komitmen kedua negara untuk terus meningkatkan hubungan bilateral. "PM Abe dan saya baru saja melakukan pertemuan bilateral yang berlangsung sangat hangat, terbuka, dan produktif," katanya. (*)

Tulis Komentar Anda