Penipuan Benda Antik Terungkap, Pelaku Ternyata Seorang Wanita

SU alias Ning, pelaku penipuan yang berhasil diamankan pihak Polres Sleman. (Foto: Satriyo Wicaksono)

SLEMAN (KRjogja.com) – Pihak kepolisian Polres Sleman berhasil ungkap kasus penipuan benda antik beberapa waktu lalu. SU alias Ning (57) warga Karangasem, Pandowoharjo Sleman itu kini harus mendekam dibalik jeruji besi guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku akan dikenakan pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria menuturkan kasus penipuan tersebut berhasil terungkap setelah salah satu korban melapor ke pihak kepolisian. Korban atas nama Karjono melapor ke kepolisian setelah tertipu oleh Sri dan menghabiskan dana sekitar Rp 119.700.000.

Menurut Burkan, modus yang dilakukan pelaku ialah dengan menawarkan Samurai King Roll tombol 3 dan 5 miliknya. Korban yang tertarik pun kemudian datang bersama rekannya ke rumah pelaku guna memastikan keaslian benda. Ketika itu, pelaku hanya menunjukkan kayu jati berukuran 40 cm dan mengaku bahwa di dalam kayu tersebut terdapat samurai King Roll tombol 3 dan 5.

“Korban bertemu dengan pelaku hanya saat mau unjuk keaslian. Ditunjukkin kotak di dalemnya katanya ada samurai,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (12/01/2017).

Niat korban yang datang guna menguji keaslian samurai pun gagal. Menurut keterangan yang didapat, untuk menguji keaslian benda tersebut dibutuhkan proses ritual terlebih dahulu. Pelaku pun meminta sejumlah dana secara bertahap kepada korban dengan dalih sebagai biaya ritual. Setelah mengirim uang sesuai yang dimintanya, korban tidak kunjung menepati janjinya dengan menunjukkan keaslian samurai King Roll tombol 3 dan 5. Hingga akhirnya, korban yang telah mengeluarkan dana begitu banyak itu melaporkan kasus itu kepada pihak berwajib.

“Pelaku belum nawarin harga, baru minta dana sebagai biaya prosesi ritual. Tapi uang itu digunakan pelaku untuk memenuhi biaya kebutuhan hidup,” imbuhnya.

Pihak kepolisian Polres Sleman juga telah mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya 2 bukti transfer ATM BCA ke nomor rekening Mandiri atas nama Mike Ratna Widyastuti, buku tabungan Bank BCA KCU Yogyakarta atas nama Karjono, dan lembar fotocopy slip penarikan uang senilai Rp 50 juta atas nama Karjono.

“Kotak kayu jati berukuran 40 cm yang digunakan pelaku untuk menipu korban sudah dibakar oleh pelaku,”pungkasnya. (Mg-10)

 

Tulis Komentar Anda